DEWI SARMUDYAHSARI/RADAR JOGJA
MENDOMINASI: Para pemanah dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Invitasi Panahan Kota Jogja yang berlangsung di Lapangan Minggiran, Jogja (13/3).
JOGJA – Invitasi Panahan Kota Jogja 2016 berlangsung ketat. Masing-masing atlet berjuang memperoleh poin tertinggi di kejuaraan yang berlangsung Sabtu-Minggu (12-13/3) di Lapangan Minggiran, Jogja.

Peserta mencapai 318 atlet dari berbagai daerah di Indonesia. Kejuaraan yang digagas Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Jogja ini awalnya dipakai sebagai ajang evaluasi intern atlet-atlet Kota Jogja usai Porda 2015. Namun, animo peserta tinggi, kejuaraan inipun menjadi terbuka bagi atlet dari daerah lain di Indonesia.

“Kejuaraan panahan memang masih minim. Sehingga animo pesertanya sangat tinggi,” ujar Koordinator Bidang Perlombaan Pengkot Perpani Jogja, Budi Widayanto.

Selain Perpani Jogja, beberapa Pengda Perpani mengirimkan perwakilannya. Di antaranya Pengda Perpani Papua, Jawa Timur, Lampung, dan Jawa Tengah.

Selain itu, ada peserta dari perguruan tinggi dan klub panahan. Satu atlet dari Belanda ikut berpartisipasi, yakni Johan Theodor yang turun di nomor Divisi Tradisional.

Sementara itu, atlet Kota Jogja menorehkan prestasi menggembirakan. Dari beberapa nomor yang diikuti, atlet panahan Kota Jogja menduduki peringkat pertama.

Seperti Ninik Umardiyani yang berhasil meraih poin tertinggi, 612 di nomor standar bow umum putri. Ninik terpaut delapan poin dengan atlet panahan Lampung, Suci Dwi di peringkat kedua dengan 604 poin.

Pada bagian putra, Prima Wisnu Wardhana yang turun di nomor compoun umum putra berhasil berada di peringkat pertama dengan poin 342. Keberhasilan Prima diikuti pemanah putri di nomor serupa, yakni Denta yang meraih peringkat pertama dengan poin 318.

“Bagi atlet kami, ini sekaligus ajang evaluasi untuk hasil latihan selama ini. Menambah jam terbang dan kesempatan mengukur kemampuan mereka secara individu,” ujar Budi.

Selama dua hari, beberapa nomor diperlombakan, antara lain Kelompok Pemula SD Divisi Standard Bow dan Compound, Kelompok Junior SMP Divisi Standard Bow dan Kelompok Umum Divisi Standard Bow, Recurve dan Compound. (dya/iwa/ong)

Jogja Sport