SLEMAN – Setelah menunggu cukup lama, akhirnya publik sepak bola di Jogjakarta dapat menyaksikkan tim nasional (timnas) senior Indonesia berlaga di Bumi Ngayogyokarto. Sore ini, tim besutan Alfred Riedl tersebut bakal menghadapi tim Nasional (Timnas) Yaman di Maguwoharjo International Stadium (MIS).Dalam pertandingan ini, misi utama tim pelatih timnas senior ini adalah memetakan kekuatan untuk ajang Piala AFF 2014. Dalam jumpa pers di Hotel Merapi Merbabu kemarin, Asisten Pelatih Wolfgang Pikal menyatakan TC di Jogja dan Sidoarjo ini sangat menentukan siapa-siapa saja yang diandalkan dalam pesta sepak bola terbesar di Asia Tenggara nanti.
Selain itu, kata Pikal tim pelatih juga menginginkan agar M Roby dkk bisa menerapkan filosofi permainan Alfred Riedl. Yang dimaksud filosofi Riedl adalah menyerang dari sayap serta transisi menyerang ke bertahan dengan cepat. “Ingat juga pertandingan lawan Yaman adalah ajang para pemain menunjukkan kebolehannya,” sergahnya.Laga ini juga mempengaruhi ranking FIFA. Sementara ini Indonesia tercecer jauh di peringkat FIFA yakni ranking 153. Karena itu Pikal juga menginginkan tim asuhannya menang dari Yaman. “Peringkat FIFA Indonesia masih sangat jauh. Karena itu seharusnya kami bisa meraih kemenangan untuk setidaknya mendongkrak peringkat,” paparnya.
Sayangnya dalam laga ini Indonesia tidak diperkuat beberapa pemain andalan. Banyak penggawa yang ditarik ke Timas U-23 dalam ajang Sea Games serta ada juga pemain yang harus menyelesaikan masalah pribadi.Adapun dua pemain yang sebenarnya sudah tiba di Jogja,Ricardo Salempessy dan Dian Agus Prasetyo batal bermain. Kedua pemain ini mengalami cedera yang cukup parah. Tetapi, tim pelatih Indonesia sudah memiliki pengganti. Posisi Salempessy akan diisi bek Mitra Kukar Dedi Gusmawan. Ada pun untuk Dian Agus perannya akan digani penjaga gawang kedua Persib Bandung Shahar Ginanjar. (nes/din)

Jogja Sport