SLEMAN – Tim Nasional (Timnas) Indonesia sudah tiba di Jogjakarta kemarin (7/9). Sesampainya di Kota Gudeg, tim asuhan Alfred Riedl ini langsung menjalani latihan di Maguwoharjo International Stadium (MIS) untuk bersiap menghadapi Timnas Yaman Selasa (9/9).Sayangnya, dalam latihan perdana di Sleman, Tim Garuda tidak didampingi Riedl. Asisten Riedl, Wolfgang Pikal mengatakan, Riedl memang belum tiba di Sleman. Sebab sekarang Riedl masih berada di Vietnam. “Coach Alfred belum sampai di Jogja karena masih berada di Vietnam,” ungkap sosok yang kebangsaannya sama dengan Riedl, Austria.Pagi Ini, mantan pelatih timnas Vietnam dan Laos tersebut sudah tiba di Jogjakarta dan siap memimpin persiapan timnas Indonesia melawan Yaman. “Kemungkinan coach Alfred tiba di Jogja besok pagi (pagi ini, red). Sebab menurut kabar sore ini (kemarin sore, red) dia sudah bertolak ke Jakarta,” paparnya.
Sayangnya, tidak semua pemain yang diproyeksikan masuk timnas di ajang Piala AFF bisa mengikuti laga uji coba kontra Yaman. Sembilan pemain andalan harus absen dulu karena masalah pribadi dan cedera. Salah satu bintang timnas Indonesia yang tak bisa bergabung karena urusan pribadi ialah pemain naturalisasi dari Nigeria Greg Nwokolo.Rekan setim Greg di Persebaya Surabaya, Ricardo Salempessy juga batal bergabung. Mantan pemain Persipura Jayapura ini sebenarnya sudah tiba di Jogja. Tapi dia dipulangkan lantaran mengalami cedera pada lututnya. Nantinya posisi yang ditinggal Salempessy diisi pemain Mitra Kukar Dedi Gusmawan.
Selain Salempessy pemain lain yang tak jadi main karena cedera ialah penjaga gawang Dian Agus Prasetyo. Kata Pikal Dian Agus menepi lantaran mengalami cedera pada bahunya. “Sangat disayangkan Dian Agus juga tak jadi main karena cedera bahu. Semoga pemain-pemain yang cedera ini bisa segera pulih,” tandasnya.Pikal mengatakan dalam pertandingan menghadapi Yaman, misi timnas Indonesia hanya satu, yakni menerapkan filosofi permainan ala Riedl. Yang dimaksud filosofi Riedl ialah menyerang dari kedua sayap serta melakukan transisi bertahan-menyerang dengan cepat.”Soal formasi kami akan pakai 4-2-3-1 atau 4-4-1-1. (nes/din)

Jogja Sport