JOGJA-Pengprov PRSI DIJ mendapatkan kehormatan untuk menggelar Kejurnas renang indah bertajuk Krin KU dan Seleknas Seaf dari PB PRSI. Kejuaraan ini bakal digelar Kamis hingga Sabtu (24-26/4).
Ketua Pelaksana Kejurnas Ragil Sugirestu Andayani mengatakan, kejurnas ini menjadi ajang seleksi tim nasional (timnas) untuk Sea Games 2015 dan Seaf 2014.
Seleksi ini untuk dua nomor. Yaitu Solo Open Tech Routine serta Solo Open Free Routine. “Dari dua nomor tersebut akan diambil 12 atlet guna digembleng pada pelatnas di Jogjakarta,” ujarnya kemarin (21/4).
Ragil menjelaskan, ada enam atlet DIJ yang sudah memastikan ikut pada nomor-nomor seleksi. Mereka adalah Claudia Megawati, Pratiwi Adiyati, Putri Aninda, Dea Vania, Annisa serta Puspita Budi Utami. Sedangkan Noren Annisa terkendala harus menyelesaikan masa studi.
“Yang berpotensi menembus timnas adalah Claudia Megawati. Waktu Sea Games 2013 lalu Mega sejatinya tampil hanya saja di nomor tim. Mudah-mudahan Sea Games berikutnya Mega mampu tampil di nomor Solo,” terangnya.
Ragil menambahkan, total ada 64 atlet yang turun dalam kejurnas kali ini. Untuk DIJ selain enam atlet yang turun di Open Class, ada 16 orang Jogja yang berpartisipasi di kelompok umur.
Karena berstatus tuan rumah, Ketua Pengprov PRSI DIJ Maryanto menyatakan pihaknya menargetkan gelar juara umum. Apalagi, bila dilihat dari jumlah atlet DIJ menjadi kontingen dengan kekuatan paling besar.
Maryanto berharap banyak perenang indah DIJ yang bisa menembus timnas. Apalagi, prestasi DIJ di ajang renang indah boleh dibilang sedang menanjak. Di PON 2012 lalu misalnya, DIJ meraih dua medali perunggu.
“Pada kejuaraan dunia di Barcelona tahun lalu juga atlet kami Mega bisa tampil di nomor Solo. Ini jelas bukti kalau prestasi renang indah DIJ ada peningkatan,” pungkasnya. (nes/din)
 

Jogja Sport