• Tour de Jogja Digelar Mei

JOGJA-Ajang balap sepeda Tour de Jogja akan digelar 10-11 Mei mendatang. Ini menjadi penyelenggaraan kedua, setelah kali pertama diadakan Oktober 2013 lalu.
Manajer Promosi CGI Production sebagai Event organizer(EO) Tour de Jogja Mirakusuma mengatakan, gelaran tahun 2014 ini memang dipercepat. Alasannya, kali ini Tour de Jogja menggandeng klub balap Puri Cycling Club (PCC) Jakarta. ” PCC berulang tahun Mei nanti. Jadi gelaran Tour de Jogja ini sekaligus juga untuk memperingati Hari Jadi ke- 16 PCC,” jelasnya kemarin (7/8).
Panitia menargetkan bisa menghadirkan 400 peserta tahun ini. Itu lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 200 peserta. Namun, kala itu peserta tetap mendapatkan kepuasan dari penyelenggaraan.
Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) DIJ Didik Purwadi menyatakan, gelaran Tour de Jogja ini mampu mendongkrak sektor pariwisata.Selama ini, tingkat hunian hotel di DIJ cenderung sepi terutama saat memasuki low season.
Dengan adanya Tour de Jogja bakal membuat para pehobi di luar DIJ berminat untuk datang ke Jogja. Dengan begitu tingkat hunian hotel bisa meningkat. “Harapannya tingkat hunian hotel bisa terdongkrak,”tandasnya.
Didik mengapresiasi langkah penitia dalam pemilihan rute. Dalam dua hari perlombaan, para peserta dituntut untuk menempuh daerah persawahan serta daerah-daerah terpencil yang memiliki potensi dijadikan objek wisata. “Diharapkan setelah ikut Tour de Jogja orang tidak hanya memadati Malioboro saja saat mengunjungi Jogja. Tetapi juga ke daerah-daerah potensi wisata lainnya,”harapnya.
Tou de Jogja ini memperlombakan dua kategori, yakni road race dan time trial. Nomor road race akan memperebutkan Nurhayati Cup. Sedangkan pemenang time trial akan mendapat trofi khusus dari sponsor utama. (nes/din)

Jogja Sport