RADAR JOGJAA – Bekas lapak PKL Jalan Perwakilan Malioboro Jogjakarta sudah dirobohkan. Rencananya lahan tersebut akan diubah menjadi Taman Kota. Ini merupakan konsep penataan Jogja Planning Gallery di kawasan Malioboro.

Sekprov Pemprov DIJ Kadarmanta Baskara Aji menuturkan bangunan dirobohkan secara bertahap. Diawali dari sisi timur dan bergeser ke barat. Seluruhnya dilakukan dengan alat berat.

“Iya jadi taman, itu bagian dari JPG (Jogja Planning Gallery),” jelasnya ditemui di Kompleks Kepatihan Pemprov DIJ, Rabu (25/1).

Pembuatan taman, lanjutnya, bersifat segera. Dalam artian setelah bangunan eks lapak PKL Jalan Perwakilan sepenuhnya roboh. Sehingga akan berganti dengan taman yang berada di sisi selatan Gedung DPRD DIJ.

Aji menegaskan pembangunan taman memang satu paket dengan Jogja Planning Gallery. Meskipun pembangunan mendahului dari berdirinya bangunan utama. Berupa kompleks Jogja Planning Gallery yang akan mengganti Teras Malioboro 2 dang DPRD DIJ.

“Teras Malioboro 2 kemudian DPRD akan menjadi kompleks JPG, kondisi sudah rata dan jadikan taman. Iya segera dibangun tamannya dulu, kalau JPG tunggu Teras Malioboro 2 ada tempat baru lalu DPRD pindah dulu,” katanya. (dwi)

Jogja Raya