RADAR JOGJA – Jajanan anak yang kerap berada di luar pintu gerbang sekolah beraneka macam jumlahnya. Jajanan ini digemari anak-anak, karena selain enak juga terjangkau. Di antaranya telur gulung, sosis, bakso, siomay telur, cilok, cilor, dan batagor.

Dosen Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Jogjakarta Anindhita Syahbi Syagata mengatakan, jajanan itu masuk sumber protein hewani dan karbohidrat yang berperan penting untuk kesehatan. Meski demikian, ada hal yang perlu diperhatikan.

“Yang penting diperhatikan untuk sausnya, apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak. Kemudian juga diberikan edukasi bisa menambahkan saus secukupnya,” jelasnya Minggu (22/1).

Dia menilai semua pangan sebenarnya bagus. Misalnya makanan kemasan yang sudah ditambah multivitamin untuk kesehatan anak. Juga makanan yang dijual seperti bakso dan sosis yang dapat memenuhi kebutuhan protein hewani. “Akan tetapi, baik penjaja makanan, pihak sekolah, dan anak harus memperhatikan empat hal tadi,” jelasnya.

Empat hal yang perlu diperhatikan adalah pangan dalam kondisi segar dan tidak kedaluwarsa. Pangan tidak mengandung bahan berbahaya seperti pestisida dan logam berat, formalin, boraks, rhodamin B, pewarna tekstil. Selain itu kadar bahan tambahan pangan (BTP) juga harus memenuhi syarat peraturan perundangan yang berlaku.

Lebih lanjut dikatakan, konsumsi jajanan sehat bagi anak juga dipengaruhi faktor sekolah dan orang tua. Dia merekomendasikan kepada mereka agar melakukan berbagai cara, mulai dari pengawasan kantin sehat dan juga perilaku jajan anak. Agar kejadian ciki ngebul (cibul) beberapa waktu lalu yang membuat anak keracuanan, tidak terjadi lagi. “Tentu menjadi prioritas untuk mengedukasi mengenai pangan aman dari tanggal kedaluwarsa, juga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) anak,” ujarnya.

Salah satu alternatif agar konsumsi makan anak terjamin saat di sekolah adalah dengan adanya kantin sehat. Kantin lebih bisa dikontrol oleh sekolah dan orang tua, agar bisa menyediakan makanan yang sehat, dan yang terpenting adalah aman dan bergizi. (lan/laz)

Jogja Raya