RADAR JOGJA –┬áBicara piknik di Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Kabupaten Gunungkidul dapat menjadi salah satu destinasi favorit. Kabupaten berjuluk Handayani tersebut memiliki bentang pantai sepanjang 73 kilometer, semuanya menyimpan pesona alam yang indah.

Di antara pantai layak dikunjungi adalah ‘kakak beradik’ Pantai Krakal dan Pantai Sarangan. Keduanya saling berdekatan. Ada wahana baru di destinasi itu. BUMDes Kalurahan Ngestirejo, Tanjungsari, menyediakan wahana berkuda.
Selain rute kawasan Pantai Krakal dan Sarangan, pengunjung juga bisa mengitari perkampungan penduduk. Rute kampung melintasi permukiman dan kawasan Ekowisata Telaga Tritis di Padukuhan Jaten.

Ketua kelompok pengelola Jala Arta Yahya Rivanaldo menyiapkan delapan ekor kuda. Terdiri dari tujuh betina dan satu jantan. Wisata berkuda ada dua pilihan, yakni naik bendi dan menunggang kuda. “Naik bendi bertarif Rp 30 ribu, sementara menunggang kuda Rp 50 ribu,” kata Yahya belum lama ini.

Dikatakan, wahana berkuda masih dalam tahap perkenalan. Wisata naik kuda ini diklaim satu-satunya di Gunungkidul. Ke depan, selain layanan naik kuda, akan dibuat pula spot foto di kawasan kandang. “Bisa juga untuk prewedding,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Ngestirejo Wahyu Suhendri mengatakan, wisata berkuda merupakan salah satu unit usaha BUMDes. Modalnya menggunakan dana keistimewaan (Danais) 2022. “Kami haturkan terima kasih kepada Gubernur DIJ Sri Sultan HB X, Dispar DIJ, dan semua pihak yang membantu mewujudkan program ini,” kata Wahyu.

Pantai Krakal lokasinya sekitar 37 kilometer arah selatan kota Wonosari. Pantai ini memiliki luas serta paling panjang bila dibandingkan dengan pantai Gunungkidul lainnya. Pasir Pantai Krakal berjenis pasir putih, dilengkapi dengan view bebatuan karang pada tepi sepanjang pantai.

Destinasi ini memiliki beragam biota laut yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Untuk berburu biota laut, wisatawan dapat menggunakan alat bantu jaring kecil yang biasanya dijual oleh pedagang sekitar area pantai. (gun/eno)

Jogja Raya