RADAR JOGJA – Regu Unit K-9 Anjing Pelacak Polda DIJ menyisir kawasan Royal Ambarrukmo Jogjakarta, Jumat sore (9/12). Ini guna memastikan keamanan lokasi penyelenggaraan akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono. Prosesi ini akan berlangsung Sabtu (10/12).

Komandan Regu Unit K-9 Anjing Pelacak Polda DIJ Bripka Daniel Rikwanhadi menuturkan giat ini normal. Dalam artian respon antisipasi potensi bahaya. Berupa penyisiran dengan anjing pelacak di seluruh area.

“Ya untuk dari tim kami unit anjing pelacak untuk tadi pagi sudah dilaksanakan sterilisasi terus selanjutnya nanti tim kami patroli untuk antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya ditemui di Hotel Royal Ambarrukmo Jogjakarta, Jumat (9/12).

Tak hanya Hotel Royal Ambarrukmo Jogjakarta, tim K-9 juga akan menyisir Hotel Sheraton Mustika Jogjakarta. Juga akan melakukan tindakan yang sama. Berupa patroli dan penyisiran kawasan hotel.

Langkah antisipasi berlangsung intens. Terutama untuk mengantisipasi ancaman dari orang tak dikenal. Terutama yang tidak termasuk dalam undangan maupun pihak penyelenggara akad nikah.

“Kami mengantisipasi titik-titik yang sekiranya rawan dimasuki oleh orang tidak dikenal. Area pendopo tadi pagi sudah disterilisasi, tim satu yang pagi. Selanjutnya nanti dari pihak paspampres yang melanjutkan pengamanan,” katanya.

Dalam tugas ini, Tim K-9 Polda DIJ menerjunkan 4 ekor anjing pelacak. Seluruhnya memiliki kemampuan untuk mendeteksi bahan peledak. Selain itu juga deteksi barang-barang yang dicurigai.

“Penyirisiran sudah dimulai sejak tadi pagi sampai acara selesai. Sehari 3 sampai 4 kali,” ujarnya. (Dwi)

Jogja Raya