RADAR JOGJA – Keluarga besar Joko Widodo (Jokowi) mengikuti prosesi Midodareni di kediaman Erina Sofia Gudono, Jumat malam (9/12). Kedatangan besan dari Solo ini disambut langsung keluarga Erina di kediamannya di Dusun Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman. Mulai dari Sofiatun Gudono dan saudara-saudari Erina.

Jokowi menuturkan kedatangan ke kediaman Erina untuk mengantarkan seserahan. Selain itu juga tilik nitik. Merupakan prosesi melihat calon mempelai perempuan oleh ibu dan saudari calon mempelai laki-laki.

“Malam hari ini kami datang ke Jogja untuk Midodareni, juga mengantarkan srah-srahan juga tilik nitik, tadi yang boleh menengok mbak Erina Gudono Bu Jokowi, mas Kaesang engga boleh,” jelasnya usai seremonial Midodareni, Jumat malam (9/12).

Tentang isi seserahan, Jokowi tidak bercerita banyak. Dia hanya berkata bahwa beragam dan banyak. Salah satu yang dibawa adalah pisang.

“Srah-srahan banyak banyak, ada pisang,” katanya singkat.

Terlepas dari itu, Jokowi berharap agar prosesi akad nikah di Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo lancar, Sabtu (10/12). Begitupula tasyakuran yang berlangsung Surakarta, Minggu (11/12).

Dia menuturkan bahwa hajat pernikahan ini adalah anugerah bagi keluarga. Kaesang yang merupakan anak bungsu dari Jokowi dan Iriana. Tentunya menjadi penikahan yang dinanti-nanti setelah kedua kakaknya menikah.

“Saya berdoa agar besok ijab Kabul berjalan dengan baik, nanti tasyakuran berjalan dengan baik, seluruh keluarga besar tentu saja sangat senang bahagia, karena ini anak bungsu. Nasihat udah kebanyakan nasihat, makasih semuanya,” kata Jokowi.

Kaesang yang ikut datang tak berbicara terlalu banyak. Dia mengaku bahagia karena akan melepas masa lajangnya. Terlebih dengan perempuan pilihannya Erina Sofia Gudono.

“Bahagia,” ujarnya singkat.

Iriana mengaku tak ada obrolan khusus saat bertemu dengan Erina. Dia hanya berbincang biasa dengan calon mantunya itu. Termasuk Selvi Ananda dan Kahyang Ayu yang ikut mendampingi.

“Ya adalah obrolan pasti, enggak ada pesan cuma obrol – obrol saja,” katanya.

Ditemui usai keluarga besar Jokowi pulang, Erina me haku senang. Terlebih prosesi menuju pernikahan berjalan lancar. Dia berharap agar prosesi akad nikah di Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo berjalan tanpa kendala.

Tentang obrolan dengan Iriana, Erina mengaku tak ada yang khusus. Iriana, Selvi dan Kahyang hanya bertanya kabar. Ketiganya meminta agar Erina beristirahat agar prosesi akad nikah berjalan lancar.

“Tadi bertemu ibu Iriana, mbak Selvi, mbak Ayang (Kahyang), lebih menyapa kemudian tanya kabar, banyak ngobrol seperti biasa, mereka beri nasihat istirahat agar hati tenang saat akad nikah,” bebernya.

Untuk prosesi akad nikah, Erina memastikan akan menggunakan adat Jawa. Hanya saja untuk riasan, dia enggan membocorkan. Sebelumnya sempat beredar Erina akan menggunakan Paes Ageng Keprabon.

“Mohon doanya rekan-rekan disini maupun dirumah saling berdoa untuk kebaikan bersama. Untuk pernikahan di sini adat Jogja, di Solo ada Solo,” ujarnya. (Dwi)

Jogja Raya