RADAR JOGJA – Pemerintah Kota Jogja bersama dengan Danone Indonesia meluncurkan Zona Paud Generasi Maju di Taman Pintar Jogjakarta, Jumat (1/7). Zona ini terbagi menjadi dua, Paud timur dan barat. Zona ini diharapkan dapat menjadi sarana bermain dan belajar untuk mendukung pengembangan kecerdasan, pengetahuan dan motorik bagi anak usia dini.

Penjabat Wali Kota Jogja Sumadi mengatakan zona sejalan dengan program pemerintah. Tepatnya dalam rangka memajukan pendidikan dan kesehatan, terutama bagi anak-anak usia dini. Dia berharap kerjasama ini membuka pintu terkait kelayakan ruang publik bagi tumbuh kembang anak.

“Pemerintah Kota Jogja sangat mengapresiasi kontribusi Danone Indonesia dalam mendukung pemerintah untuk membawa kesehatan kepada masyarakat melalui program-program pemenuhan nutrisi dan kegiatan edukasi. Salah satunya dengan mendukung sarana dan prasarana edukasi Zona Paud di Taman Pintar,” jelasnya saat ditemui di Taman Pintar, Jumat (1/7).

Peluncuran Zona Paud Generasi Maju ini dibarengi dengan kick off sosialisasi Isi Piringku Jogjakarta. Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Ibu Paud DIJ, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam X menjelaskan setiap anak dinilai memiliki hak yang sama untuk mendapatkan dukungan terhadap tumbuh kembangnya.

Menurutnya anak sudah selayaknya mendapatkan pendidikan, pengasuhan, gizi, kesehatan dan perlindungan secara optimal. Terlebih angka stunting di Indonesia yang masih tinggi. Alhasil menjadikan tumbuh kembang anak terus menjadi perhatian.

“Masih tingginya angka stunting di Indonesia membuat Kelompok Kerja (Pokja) Ibu Paud DIJ memiliki program prioritas untuk mewujudkan Paud yang berkualitas melalui layanan Paud Holistik Integratif dan berbudaya dengan memberikan layanan kepada anak. Khususnya dalam hal edukasi dan nutrisi,” katanya.

Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo memastikan berkomitmen tinggi terhadap kualitas pendidikan anak. Ini karena merupakan fondasi untuk mempersiapkan generasi maju dimasa depan.

Fokus Danone tak hanya pendidikan formal. Dalam beberapa kesempatan juga mengajak lebih dekat dengan alam. Seperti penanaman cinta lingkungan dan pemahaman tentang pentingnya gizi dan kesehatan bagi anak.

“Selain menghadirkan Paud Generasi Maju yang merupakan interactive learning, kami juga giat mensosialisasikan kampanye Isi Piringku dengan menggandeng pemerintah dan berbagai mitra,” ujarnya. (obi/ isa/dwi)

Jogja Raya