RADAR JOGJA – Harga minyak goreng (migor) terpantau mengalami penurunan pada beberapa waktu terakhir. Pantauan di Pasar Prawirotaman Kota Jogja turun Rp. 2 ribu hingga Rp. 3 ribu. Harga terkini berada di kisaran Rp. 15 ribu/liter hingga Rp. 16 ribu/liter.

Untuk harga migor kemasan masih fluktuatif. Harga terkini dibanderol antara Rp. 22 ribu hingga Rp. 25 ribu. Rentang harga ini mengacu pada merek.

“Harga minyak goreng curah sudah turun. Sebelumnya Rp 18 ribu. Harga turun kira-kira sejak dua minggu yang lalu,” jelas salah satu pedagang migor Pasar Prawirotaman Sri ditemui di lapaknya, Jumat (24/6).

Uniknya penurunan harga tak berdampak pada minat beli. Dia memaparkan penjualan justru mengalami penurunan. Menurutnya, hal ini terjadi lantaran stok migor curah mulai melimpah.

Sri memaparkan penjualan tak menentu untuk harian. Saat ramai bisa menjual hingga 5 botol ukuran 1,5 liter. Jika sepi hanya terjual 3 botol bahkan sama sekali tidak laku.

Hal ini jauh berbeda saat ketersediaan migor langka pada beberapa waktu lalu. Saat itu satu pembeli bisa memborong. Setidaknya 6 botol ukuran 1,5 liter untuk sekali pembelian.

“Penjualan ini agak rendet, tidak seperti waktu mahal kemarin,” katanya. (isa/dwi)

Jogja Raya