RADAR JOGJA – Selama long weekend Hari Raya Waisak, destinasi wisata Gembira Loka (GL) Zoo dan Malioboro masih menjadi pilihan utama wisatawan berwisata ke Jogja. Kunjungan wisatawan di dua destinasi tersebut hampir mendekati normal sebelum pandemi.

Manajer Marketing GL Zoo Yosi Hermawan mengatakan, jumlah pengunjung yang berwisata ke GL Zoo selama long weekend hampir mendekati angka 20 ribu kunjungan. Puncaknya terjadi pada Minggu kemarin (15/5). “Jumlah pengunjung di hari Minggu naiknya hampir 50 persen, yakni sekitar 10.148 orang,” katanya kemarin (16/5).

Yosi menjelaskan, kunjungan tersebut terbilang meningkat daripada hari Sabtu lalu (14/5) yang hanya tercatat 4.499 orang. Sementara jumlah pengunjung mulai menurun lagi kemarin (16/5) menjadi 5 ribu orang. “Ya, kemarin mulai menurun lagi,” ujarnya.

Selama long weekend, GL Zoo memperluas Zona Petting Zoo. Di antaranya menambah wahana keledai tunggang, khusus bagi anak-anak. Selain itu, kolam tangkap dan terapi ikan yang dibangun di lokasi baru, sudah bisa dinikmati pengunjung. “Dengan adanya wahana baru itu dapat menjadi alternatif lain pengunjung yang berkunjung ke GL Zoo,” jelasnya.

Terpisah, Kepala UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya (PKCB) Ekwanto mengatakan, Malioboro juga mengalami peningkatan kunjungan selama long weekend. Jumlah kunjungan mencapai 46.925 orang. Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding pada hari-hari biasa. “Ya (jumlah kunjungan) hampir normal. Mereka bukan hanya dari DIJ, tapi juga luar DIJ,” katanya.

Ekwanto menjelaskan selama tiga hari libur, puncak kunjungan wisatawan juga terjadi pada hari Minggu lalu (15/5) mencapai 31.500 orang. Sementara hari Sabtu (14/5) berada di angka 15.425 pengunjung dalam sehari. Dan jumlah kunjungan menurun menjadi 7 ribu kemarin (16/5).

“Ini karena besok sudah masuk kerja ya,” jelasnya.
Sejauh ini, penerapan protokol kesehatan (prokes) di Malioboro masih diberlakukan. Petugas yang dikerahkan di lapangan tak henti mengingatkan pengunjung jika abai menerapkan prokes selama berkunjung.

Dengan banyaknya orang yang berkunjung ke Malioboro ini, ia selalu menghimbau kepada wisatawan untuk selalu waspada dan tidak membawa barang berharga. “Meskipun jumlah pengunjung mencapai puluhan ribu, dengan kesigapan petugas kami dalam melakukan pengamanan untuk peristiwa menonjol tidak ada,” tambahnya. (wia/laz)

Jogja Raya