RADAR JOGJA – Ratusan mancing mania di Kulonprogo menemukan momentum libur Lebaran 2022. Mereka membaur dalam acara Mancing Bareng (Mabar) Jolotundo di selokan irigasi Kalurahan Sogan, Wates. Menyamakan niat, mereka ingin merawat silaturahmi di bulan Syawal tahun ini.

HENDRI UTOMO, Kulonprogo, Radar Jogja

RATUSAN pemancing itu berderet rapi di selokan irigasi. Mereka tampak jelas tengah bermain harapan, dapat poin target ikan atau gabol (tidak dapat ikan, Red). Kendati demikian, wajah mereka tersimak sama, semringah, bersemangat, diselingi sorak sorai lepas dari kepenatan.

Ratusan pemancing dari Kulonprogo dan luar daerah itu antusias mengikuti lomba mancing dengan tema “Mancing Bareng Jolotundo” yang digarap Komunitas Mancing Sogan atau Sogan Fishing Club (SFC) berkolaborasi dengan Kopi Jolotundo.

“Ini baru kali pertama digelar selama pandemi, pesertanya tembus 500 orang. Ke depan semoga bisa rutin digelar, syawalan, olahraga sekaligus membangun komunikasi sosial lebih luas,” ucap Ketua Panitia Maya Yuda Prasasti Selasa(10/5).

Menurutnya, tingginya minat peserta tidak terlepas dari kelonggaran yang sudah diberikan sejak dua tahun ketat melakukan social distancing akibat pandemi Covid-19. Mereka juga tertarik dengan hadiah yang disiapkan panitia.
“Kami siapkan hadiah untuk juara I satu unit sepeda motor, juara II mesin cuci, juara II rice cooker, juara IV kipas angin, juara V kompor gas. Total ada 59 item doorprize,” ujarnya.

Kendati demikian, disiplin protokol kesehatan tetap diterapkan, sebab pandemi belum sepenuhnya berakhir selama kegiatan berlangsung. “Ketentuan itu berlaku bagi panitia, juga peserta lomba. Mereka harus menerapkan prokes secara disiplin,” ucapnya.

Respons positif juga disampaikan Ketua Komisi B DPRD DIJ Sudarto yang asli Kalurahan Sogan. Ia mengapresiasi generasi muda Sogan yang mampu menginisiasi kegiatan yang dinilai cukup positif tersebut.

“Di samping syawalan, olahraga dan sosial kemasyarakatan, kegiatan ini juga menjadi cermin masyarakat yang tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Sudarto yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Kulonprogo itu. (laz)

Jogja Raya