RADAR JOGJA – Akun Twitter Rina Yellow @ye_riiin166 dilaporkan ke Polda DIJ, Selasa (10/5). Cuitannya pada 8 Mei 2022 dinilai menghina warga Jogja. Cuitan itu juga dinilai meresahkan.

Dalam cuitanya yang membuat geram warga Jogja, dia menuliskan, “Orang Jogja norak banget liat plat B. Apalagi kalau itu kendaraan mewah. Pantes orang Jogja semuanya masih pada miskin dan kampungan.”

Sontak unggahan tersebut mengegerkan jagat maya. Bukan hanya orang Jogja saja yang geram. Namun banyak orang luar atau mereka pernah tinggal di Jogja ikut geram dan berkomentar.

“Karenanya saya melaporkan akun Twitter Rina Yellow dan pemiliknya, karena cuitannya sangat meresahkan. Bahkan menghina orang Jogja,” tandas pelapor Muh Heri Suryono kepada Radar Jogja.

Heri mengatakan, sebelum membuat laporan ia sudah me-retweet unggahan Rina Yellow dan mendapat lebih dari 300 komentar dari warganet. Semua komentar menilai cuitan Rina Yellow meresahkan dan tidak sopan. Ia juga mengaku tidak mengenal dan mengetahui latar belakang yang dilaporkan.
Heri menyebut, meski terlapor sempat meminta maaf di akun Instagram, video yang diunggah seperti tidak sungguh-sungguh dan tulus. Terlebih kata-katanya tidak sopan. “Ada kalimat tidak sopan wtf. Kalau mau klarifikasi, seharusnya lebih sopan,” tambahnya.

Heri menambahkan, pemilik akun mengklaim bahwa akun Twitter-nya telah dibajak. Padahal akun tersebut sudah dibuat sejak tahun 2009. Hal ini dinilai hanya pembenaran dan play victim belaka.

“Kami melapor ke Polda DIJ agar ditindaklanjuti. Biar yang bersangkutan bisa memberikan klarifikasi yang proper. Karena dia kayak play victim,” sambungnya.

Dia berharap Polda DIJ segera menindaklanjuti dan yang bersangkutan dapat bertanggungjawab. Kasus serupa pernah terjadi di Jogja tahun 2014. Seorang mahasiswa S2 Ilmu Hukum UGM bernama Florence Sihombing pernah menghina warga Jogja dengan mencuit di akun Twitter. Bahkan kasus itu sempat disorot dunia internasional dan dimuat di Dailymail Inggris, kantor berita ABC Australia, dan Wall Street Journal Amerika. (cr4/laz)

Jogja Raya