RADAR JOGJA – Lapas Kelas IIA Jogjakarta atau Lapas Wirogunan kembali menciptakan inovasi berupa pencanangan Wisma Pancasila, Selasa (19/4). Melalui Wisma Pancasila diharapkan para warga binaan lapas dapat memelihara Pancasila sebagai ideologi negara.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIJ Gusti Ayu Putu Suwardani mengatakan program ini pertama kali dilakukan di Lapas IIA Jogjakarta. Sebelumnya program serupa juga telah dilaksanakan oleh Kodim 0734 Kota Jogja melalui program Kampung Pancasila. Tindak lanjutnya akan berlangsung di seluruh lapas khususnya di wilayah Jogjakarta.

“Ini merupakan satu program baru yang dicetuskan oleh kepala lapas dan merupakan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Kami melihat di luar sana ada Kampung Pancasila sehingga kami merasa ini merupakan program yang luar biasa,” jelasnya saat ditemui di Lapas IIA Jogjakarta, Selasa (19/4).

Dicanangkannya Wisma Pancasila, lanjutnya, tak lepas dari peran berbagai mitra Kanwil Kemenkumham DIJ. Diantaranya, Kodim 0734 Kota Jogja, Polresta Jogja, Polsek Pakualaman, dan Koramil. Nantinya seluruh mitra akan berperan dalam memberikan materi mengenai bela negara.

Dia berharap, giat ini bisa menjadi inspirasi. Tak hanya untuk Lapas Wirogunan tapi juga untuk lapas lainnya. Terlebih giat ini merupakan yang pertama kali di lingkungan lapas.

“Beberapa tahun terakhir kami belum pernah mendengar adanya wisma Pancasila yang ada di lapas. Saya melihat ini yang pertama baik di Jogjakarta maupun di seluruh Indonesia,” katanya.

Kepala Lapas Kelas IIA Jogjakarta Soleh Joko Sutopo mengatakan Wisma Pancasila akan diinbangun dengan kurikulum khusus. Terutama dalam mengamalkan nilai-nilai tentang Pancasila. Sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh seluruh warga binaan lapas.

“Hari ini kami canangkan, setelah itu akan bertahap dirumuskan pelaksanaan lanjutannya, seperti kurikulum. Wisma nya akan kami buat sedemikian rupa supaya pemahaman terkait nilai-nilai Pancasila minimal mereka tinggal membaca akhirnya bisa paham terkait Pancasila,” ujarnya. (Isa/Dwi)

Jogja Raya