RADAR JOGJA – Universitas Gadjah Mada (UGM) mengumumkan tujuh nama yang telah melengkapi dan menyempurnakan keseluruhan proses administrasi sebagai calon rektor periode 2022-2027. Proses pendaftaran calon rektor sebelumnya telah diselenggarakan pada 24 Januari hingga 9 Maret 2022 secara daring.

Ketua panitia kerja Prof Subagus Wahyuono menjelaskan, enam orang calon merupakan civitas akademika UGM. Sedangkan satu orang calon berasal dari Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Mereka telah mendaftar, mengisi dan mengunggah dokumen secara lengkap.

Mereka yang akan bersaing yakni, Prof Ali Agus, Prof Bambang Agus Kironoto, Prof Deendarlianto, Prof Ova Emilia dan Prof Sigit Riyanto. Pendaftar dari luar UGM, yakni Dr Irawadi dari Universitas Wijayakusuma Purwokerto.
”Setelah tahap pendaftaran, akan dilakukan seleksi administrasi yang akan dimulai pada 24 Maret 2022,” jelasnya di Balairung UGM Rabu (16/3).

Dalam proses ini, dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan verifikasi keabsahan dokumen para pendaftar. Hasil seleksi administrasi juga akan disampaikan kepada publik. Akan diselenggarakan juga Forum Aspirasi pada tanggal 18-29 April 2022 sebagai masukan dari publik kepada calon rektor.
“Dari nama-nama ini, track record mereka sangat baik. Sehingga tentu saja ke depannya UGM akan mendapatkan rektor yang baik,” ujarnya.

Sekretaris I Panja, Prof. Sulistiowati menambahkan, bahwa semua calon memiliki kans yang sama. Sepanjang syarat minimal dipenuhi, lima kriteria penilaian mampu disampaikan dengan baik, presentasi program kerja dapat membawa UGM lebih maju menjulang tinggi. ”Dan mampu menjawab pertanyaan dari tim panelis,” tambahnya. (cr5/bah)

Jogja Raya