RADAR JOGJA – Sneakers selalu menjadi pelengkap dalam memenuhi kebutuhan fashion. Tren juga terus silih berganti setiap tahunnya. Produk lokal juga tak kalah bersaing. Bahan yang kuat, kenyamanan saat digunakan, dan harganya yang terjangkau menjadi alasan yang kuat untuk membeli.

Owner Outlet Sepatu Samba Dani mengatakan saat ini Casual dan Running masih tren ditengah masyarakat. Sepatu jenis ini dinilai nyaman saat digunakan. Selain itu juga mudah dipadupadankan dengan berbagai model pakaian.

“Kedua jenis ini diminati. Lalu antusias masyarakat cukup tinggi dalam membeli sneakers dengan produk lokal,” jelas Dani ditemui dalam pameran Local Pride di Taman Pintar, Jumat (4/2).

Meski kualitas berani diuji, tetap saja ada yang harus diperbaiki dari merk lokal. Sering kali, sneakers produk lokal memiliki model yang monoton. Bahkan masih terlalu mirip dengan sneakers merek luar negeri yang sudah ada sebelumnya.

“Sayangnya kalau produk lokal itu kaya masih meniru brand dari luar, masih terlalu mirip. Tapi konsumen banyak yang bilang bagus dan nyaman dipakai. Tidak pernah ada komplain,” kata Dani.

Walau begitu dia mengajak pecinta sepatu membeli merk lokal. Ini karena kualitas tidak kalah bersaing dengan merk luar negeri. Selain itu dari sisi harga juga lebih terjangkau. Bahkan tidak sedikit yang harga kantong pelajar.

Dalam sehari Dani mampu menjual setidaknya lebih dari 10 pasang sepatu merk lokal. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu. Ini menjadi bukti bahwa produk-produk lokal sudah memiliki tempat di hati pecinta sepatu.

“Kami ingin mendukung brand lokal Indonesia. Kalau pasaran itu under Rp 200 ribu, ada yang under Rp 150 ribu juga ada. Tergantung nanti spek,” ujar Dani.

Sementata itu salah satu pecinta sneakers Feri mengaku senang membeli sneakers dengan merk buatan Indonesia. Dia bisa mendapatkan sepatu dengan kualitas yang bagus namun dengan harga yang tetap terjangkau.

“Di rumah total punya sekitar 30 sneakers. Suka sneakers brand lokal karena dari warna, modelnya, dan kenyamanan dipakai enak. Jadi ya sudah, tidak ada salahnya pakai produk lokal,” katanya. (isa/dwi)

Jogja Raya