RADAR JOGJA – PSS Sleman akan melanjutkan petualangannya di BRI Liga 1 musim 2021/2022. Pada putaran kedua seri 4 ini, Super Elang Jawa -julukan PSS- ditantang Persiraja Banda Aceh di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, sore nanti (7/1). Super Elja mengusung misi ganda pada laga pekan ke-18 itu.

Pertama, mereka mengincar kemenangan untuk mendongkrak posisi klasemen sementara. Target lainnya, bertekad membalas kekalahan. Sebab, di putaran pertama Super Elja harus mengakui keunggulan Persiraja dengan 2-3 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, 11 September 2021.

Dalam lawatannya ke Pulau Dewata, PSS memboyong 28 pemain terbaik. Termasuk 11 rekrutan anyar. Sementara beberapa nama yang dipastikan absen karena cedera yaitu Saddam Gaffar, Ega Rizky, dan Wahyu Sukarta.

Pelatih anyar PSS I Putu Gede Swi Santoso menyatakan, skuadnya dalam kondisi cukup oke. Putu Gede melihat dalam sesi latihan terakhir di Bali, anak-anak Sleman antusias melahap menu latihan dari tim pelatih.

“Persiapan khusus tidak ada, saya hanya kasih motivasi saja. Kondisi pemain fit, nggak ada masalah. Ini jadi satu motivasi bagi mereka untuk bisa main,” ujarnya saat konferensi pers virtual kemarin pagi (6/1).

Hanya yang menjadi catatan pelatih 48 tahun itu adalah perihal ball possession. Ia ingin di laga sore nanti pemainnya tidak mudah kehilangan bola. “Dalam taktikal ada beberapa yang perlu digaris bawahi. Di latihan sudah kami beri arahan intinya besok (hari ini, Red) harus ditampilkan. Mungkin detail-nya saat briefing kami berikan penekanannya ke anak-anak,” katanya.

Laga nanti dipastikan bakal berjalan menarik. Sebab, kedua kesebelasan sama-sama datang dengan kekuatan berbeda ketimbang putaran pertama lalu. Sama seperti PSS, Persiraja juga diarsiteki pelatih baru serta banyak mendaratkan amunisi anyar. Hal itu, tentu menjadi motivasi sekaligus tantangan tersendiri bagi Super Elja. “Pertemuan pertama lalu, kami kehilangan poin dan saat ini mereka banyak perubahan. Ini kan jadi motivasi buat pemain,” beber Putu Gede.

Yang pasti, mantan pelatih Persekat Tegal itu ingin meraih tiga poin di pertandingan debut sebagai pelatih kepala PSS. Dengan berbekal sejumlah amunisi anyar, dia pede timnya bisa mengalahkan Laskar Rencong -julukan Persiraja.

“Ini laga penting buat PSS untuk dapat tiga poin. Harus kita raih dengan kerja keras, tanpa kerja keras itu tidak mungkin dapat terwujud. Saya lihat tim ini punya potensi untuk ke sana,” tandasnya.

Disinggung kans debut pemain baru, Putu Gede belum bisa memastikan. Termasuk kemungkinan menurunkan penyerang Wander Luiz, baru akan diputuskan hari ini. “Kita lihat besok (hari ini, Red) soal Wander. Kalau memungkinkan kami turunkan, kalau nggak ya belum. Yang jelas adanya Wander potensi untuk raih tiga poin itu ada,” paparnya.

Hal senada diungkapkan Kapten PSS Bagus Nirwanto. Ia bersama rekan timnya bertekad mencuri poin penuh dari Laskar Rencong. Secara keseluruhan ia menegaskan, semua pemain siap tampil dan memberikan yang terbaik. Persiapan dan adaptasi antarpemain bersama pelatih anyar juga tidak ada masalah.

“Kami dari pemain antusias dan semangat untuk laga nanti. Ya, pertandingan awal agak susah, tapi semoga kami bisa curi tiga poin. Sleman fans mohon dukung dan doakan kami selalu untuk meraih tiga poin,” ungkap Bagus.

Menilik tabel klasemen, saat ini PSS menempati posisi 11 klasemen sementara dengan torehan 21 poin dari 17 laga yang dilakoni. Sedangkan Persiraja berada di dasar klasemen dengan raihan 6 poin. (ard/laz)

Jogja Raya