RADAR JOGJA – Upaya menjaga ekosistem sungai agar terawat habitatnya terus perlu dikerjakan oleh semua. Harapan nya dengan langkah konsisten ke depan sungai di Jogjakarta bisa lebih bersih dan terawat.

“PAC PDI Perjuangan Gondokusuman tebar ribuan bibit ikan baik wader, tawes, uceng, sepat di sungai Code. Ini jadi upaya kami menjaga ekosistem sungai dan melestarikan ikan lokal,” kata Ketua PAC PDI Perjuangan Gondokusuman Harjono, Sabtu (11/12).

Sebanyak 10.000 bibit ikan aneka jenis ditebar di titik kampung pinggir sungai Code yaitu di kampung Terbang, Gondokusuman Jogjakarta. Penebaran bibit ikan ini dilakukan oleh Ketua PAC PDI Perjuangan Gondokusuman bersama pengurus ranting dan anak ranting juga warga sekitar turut serta dalam penebaran bibit ikan.

“Kami menebarkan 10.000 ekor bibit ikan di sungai Code sekaligus mengajak warga agar tetap menjaga kebersihan sungai,merawat sungai sehingga ekosistemnya bisa terjaga,” kata Harjono.

Harapan ke depan dengan penebaran bibit ikan aneka jenis ini berdampak positif bagi pelestarian ikan di sungai. Hasilnya nanti selain bisa memberi manfaat bagi perekonomian warga dan juga perbaikan gizi masyarakat dengan promosi gencar pemerintah yang mendorong warga gemar makan ikan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Eko Suwanto menambahkan, lewat aksi nyata tebar bibit ikan ini PDI Perjuangan mendorong warga Jogjakarta lebih peduli dengan lingkungan, terutama menjaga kawasan bantaran sungai dan ekosistem habitatnya ikan. (kus/ila)

Jogja Raya