RADAR JOGJA – Para pedagang kaki lima (PKL) kawasan Malioboro menggalang dana bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Aksi berupa donasi bantuan oleh PKL dari ujung utara hingga selatan Malioboro. Tak hanya menyasar para pedagang tapi juga pengunjung Malioboro.

Aksi diawali dengan pemasangan pita hitam di setiap lengan pedagang. Ini sebagai bukti bahwa para PKL berempati atas peristiwa alam di Gunung Semeru. Terlebih erupsi Gunung Semeru mengakibatkan sejumlah nyawa melayang dan harta benda hilang.

“Aksi galang dana ini merupakan wujud empati dan solidaritas para PKL Malioboro kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Siapa saja bisa menyumbang, baik pedagang maupun pengunjung,” jelas Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Yogyakarta (APKLY) Wawan Suhendra ditemui di kawasan Malioboro, Jumat (10/12).

Kotak donasi berupa kardus yang dibawa beberapa PKL Malioboro. Mereka mengedarkan dari Malioboro sisi utara hingga ke selatan. Para pedagang berjalan kaki dan mendatangi satu persatu lapak pedagang lainnya.

Para PKL terlihat antusias menyumbangkan sedikit rejekinya. Terlihat pula para pengunjung Malioboro yang ikut memasukan uang sumbangan. Seluruh donasi, nantinya akan disalurkan langsung melalui instansi yang berwenang.

“Semoga dengan bantuan tak seberapa ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita di Lumajang. Semoga erupsi Gunung Semeru juga cepat berakhir dan masyarakat bisa berbenah dan pulih kembali,” katanya. (dwi)

Jogja Raya