RADAR JOGJA – Wakapolda DIJ Brigjen Raden Slamet Santoso tengah mengajukan keberadaan Polsek Bandara di Yogyakarta International Airport (YIA). Pertimbangannya kawasan tersebut tergolong rawan dalam bidang keamanan. Selain zona ekonomi khusus, bandara ini juga pintu gerbang jalur internasional.

Jenderal polisi bintang satu ini memaparkan tingkat pengamanan di YIA belumlah maksimal. Pengamanan masih dilakukan dari pengamanan internal bandara. Sementara untuk wujud pengamanan yang lebih ekstra belum tersedia.

“Bandara YIA itu kan baru sehingga tidak ada petugas pengamanan. Kami sudah mengajukan dan meminta juga kepada Angkasa Pura perlu ada Polsek Bandara karena YIA masuk kawasan ekonomi khusus,” jelasnya ditemui di Kompleks Kepatihan Pemprov DIJ, Jumat (3/12).

Pernyataan ini juga merespon kejadian beberapa waktu belakangan di YIA. Mulai dari penipuan transaksi berlian palsu pada September 2021. Terakhir adalah aksi eksibisionis perempuan muda di kompleks YIA.

Seiring waktu berjalan, Slamet memastikan aktivitas di YIA meningkat. Apabila tak ada pengamanan dari polisi maka rentan terjadi celah kejahatan. Setidaknya dengan adanya Polsek Bandara, pengamanan dan antisipasi menjadi lebih optimal.

“Keberadaan Polsek Bandara untuk mengamankan kejadian seperti itu. Saat ini kan masih dihandle Polsek Temon tapi terbatas. Padahal YIA sebentar lagi berkembang di tahun depan. Ada usaha UMKM lalu penerbangan internasional,” katanya. (dwi)

Jogja Raya