RADAR JOGJA – Aji Karnanto secara resmi ditetapkan sebagai calon tunggal Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Jogja periode 2022-2026. Penetapan itu diumumkan oleh tim penjaringan dan penyaringan di kantor setempat Senin (29/11).

Ketua tim penjaringan dan penyaringan Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) KONI Kota Jogja Iriawan Argo Widodo menjelaskan, penetapan tersebut karena hingga hari terakhir pendaftaran Aji jadi satu-satunya bakal calon (balon) yang mendaftar. Selain itu, juga sudah melalui sejumlah tahapan yang ditentukan.

Mulai dari sosialisasi pada 18-23 Oktober, pengambilan formulir balon pada 25 November-6 November. Kemudian pengembalian formulir balon pada 8-20 November serta verifikasi berkas balon pada 22-27 November 2021.

Dalam lampiran berkas pendaftaran, Aji menyertakan surat dukungan dari 43 pemilik suara. Jumlah tersebut, kata Argo jauh melebihi syarat minimal yang hanya sepuluh suara saja. “42 dari pengkot cabor dan satu dari organisasi olahraga fungsional. Dengan persyaratan lengkap dan dukungan yang ada di atas sepuluh maksimal maka kami nyatakan memenuhi syarat sebagai balon yang kami verifikasi dan kami teliti,” kata Argo Senin (29/11).

Nantinya, lanjut Argo, hasil tersebut bakal disampaikan dalam sidang pleno Musorkot di Hotel Tentrem pada 18 Desember mendatang. Karena hanya ada satu orang calon, proses pemilihan ketua umum kemungkinan akan berlangsung secara aklamasi.

“Secara teknis akan dilakukan aklamasi, ada peluang itu. Tapi bagaimanapun besok kami hanya sampaikan kepada pimpinan sidang dan mereka akan melanjutkan prosesnya berdasarkan tata tertib yang ditentukan,” pungkasnya. (ard/bah)

Jogja Raya