RADAR JOGJA – PSS Sleman kembali menelan kekalahan di lanjutan BRI Liga 1 2021/2022. Anak-anak Sleman ditundukkan Persib Bandung dengan skor 2-4 di Stadion Manahan, Solo, tadi malam (22/10). Itu jadi kekalahan keempat PSS di musim ini.

Gol-gol PSS dilesakkan oleh Nemanja Kojic pada menit ke-34 dan Irfan Jaya menit ke-86. Sementara gol Persib dicetak masing-masing oleh brace Wander Luiz pada menit ke-55 dan 81 serta Mohammed Rashid menit ke-57 da 62.

Pelatih PSS Dejan Antonic kecewa atas hasil yang didapat timnya. Dia menyebut gol penalti Persib membikin konsentrasi Bagus Nirwanto dkk buyar. Meski begitu, dia tidak ingin menyalahkan wasit atas keputusan memberi penalti itu.
“Babak pertama kami main bagus dan disiplin. Kami dapat satu counter atack dan bisa masuk gol. Persib tidak ada terlalu banyak babak pertama,” ujar Dejan usai laga kemarin.

Pelatih asal Serbia itu berujar, perubahan formasi Persib di babak kedua sangat efektif. “Mereka masuk tiga pemain baru yang lebih fresh dan kali coba berubah di babak kedua, tapi hasil sudah 3-1 di awal itu,” keluhnya.

Kendati begitu, Dejan berharap anak asuhnya tidak larut dalam kesedihan. Ia ingin timnya bangkit. Menatap laga selanjutnya melawan Bali United. “Kami harus lebih bagus, tapi sejujurnya saya cuma sedikit kecewa karena babak pertama kami disiplin dan harusnya dapat hasil yang bagus tapi malah kalah,” papar mantan pelatih Madura United itu.

Sementara penyerang asing PSS Kojic cukup menyayangkan kekalahan timnya. Padahal, menurutnya, PSS sudah bermain baik, terutama di babak pertama. “Kami main bagus tapi habis penalti kami berubah. Ada beberapa pemain bikin kesalahan sendiri. Dan Persib balas kita dan masuk tiga gol cepat,” katanya.
Pada pertandingan kemarin, PSS bermain cukup terbuka sejak jalannya babak pertama. Mereka mengandalkan kecepatan Irfan Jaya di sisi kanan serangan. Meski digempur di 15 menit awal, Super Elja tak gentar dan bermain cukup tenang.

Sejumlah peluang yang dihasilkan Maung Bandung -julukan Persib- berakhir sia-sia. Sebab, lini belakang PSS tampil begitu solid dan menahan serangan-serangan yang dilancarkan Ezra Walian cs. PSS justru mampu membuka keunggulan melalui kaki Kojic. Tertinggal, Persib mencoba menyamakan kedudukan. Namun, sampai babak pertama berakhir skor 1-0 bertahan untuk keunggulan PSS.

Memasuki paro kedua, Persib langsung tancap gas. Mereka memasukkan beberapa pemain. Hasilnya cukup efektif. Maung Bandung memegang kendali permainan dan berhasil membobol tiga gol dalam kurun waktu tujuh menit saja. Mereka bahkan berhasil menambah sebiji gol dan membuat PSS makin terbenam.

Hasil minor ini menempatkan Laskar Sembada di peringkat 13 dengan delapan poin. Sedangkan Persib nangkring di posisi kedua dengan 16 angka. (ard/laz)

Jogja Raya