RADAR JOGJA – Indonesia berhasil juga memboyong Piala Thomas kembali ke Indonesia setelah penantian 19 tahun lamanya. Prestasi yang membanggakan ini tentu perlu diberikan apresiasi kepada seluruh atlet bulutangkis Indonesia dan para pelatih yang telah berjuang dan mengharumkan nama bangsa di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.

“Selamat, akhirnya Indonesia Raya berkumandang lagi di Piala Thomas, piala emas bisa dibawa ke tanah air. Prestasi emas bulu tangkis Indonesia membanggakan kita semua,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Eko Suwanto, Senin (18/10).

Indonesia sudah begitu lama menanti kemenangan di kejuaraan bulu tangkis bergengsi dunia ini. Perjuangan tim bulu tangkis Indonesia yang bertanding dalam Piala Thomas kali ini memang berliku dari bertanding di grup neraka hingga melawan juara bertahan.

“Inilah wujud semangat sportifitas yang baik dari tim bulu tangkis Indonesia. Mereka memiliki nilai juang tinggi, guna mencapai prestasi terbaik untuk bangsa. Kembalinya Piala Thomas ke tanah air semoga menjadi penanda bangkitnya Indonesia di segala bidang, bukan saja di olahraga,” kata Eko Suwanto yang juga menjabat Ketua Komisi A DPRD DIJ dari Fraksi PDI Perjuangan.

Dia menjelaskan, tim Indonesia memulai kiprahnya di penyisihan Grup A Piala Thomas 2021 dengan menghantam Aljazair 5-0. Kemenangan sempurna Indonesia saat menghadapi Aljazair disumbangkan oleh Jonatan Christie, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Ada pula Shesar Hiren Rhustavito, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Setelah melalui laga perdana dengan mudah, tantangan berat mulai dihadapi tim Indonesia pada laga kedua, saat berhadapan dengan Thailand. Tim Indonesia sempat tertinggal lebih dulu dari Thailand sebelum akhirnya menang dengan skor 3-2. Tiga poin kemenangan Indonesia ditentukan dari dua pasangan ganda Indonesia, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Penentu kemenangan Indonesia atas Thailand adalah sektor tunggal putra, Shesar Hiren Rhustavito yang turun di partai terakhir. Kemenangan identik 3-2 juga terjadi saat berhadapan dengan Taiwan di babak penyisihan Grup A terakhir Piala Thomas 2021.

“Poin kemenangan Indonesia diraih dari tiga atlet tunggal putra, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito. Hasil tersebut mengantar Indonesia lolos ke babak perempat final Piala Thomas 2021 dengan status juara Grup A,” ujar Eko Suwanto.

Berlanjut di babak perempat final, Indonesia dihadapkan dengan Malaysia yang sempat menumbangkan langkah merah putih di perempat final Piala Sudirman 2021. Hasil undian yang mempertemukan Indonesia dengan tim negeri jiran, Malaysia tersebut sekaligus menjadi momentum merah putih untuk membalas kekalahan di perempat final Piala Sudirman 2021.

Poin kemenangan Indonesia diraih dari tiga atlet tunggal putra, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito. Hasil tersebut mengantar Indonesia lolos ke babak perempat final Piala Thomas 2021 dengan status juara Grup A.

“Berlanjut di babak perempat final, Indonesia dihadapkan dengan Malaysia yang sempat menumbangkan langkah merah putih di perempat final Piala Sudirman 2021. Hasil undian yang mempertemukan Indonesia dengan tim negeri jiran, Malaysia tersebut sekaligus menjadi momentum merah putih untuk membalas kekalahan di perempat final Piala Sudirman 2021,” tuturnya.

Alhasil, tim merah putih sukses menuntaskan misi revansnya di babak perempat final Piala Thomas 2021, dengan menaklukkan Malaysia 3-0. Kemenangan Indonesia saat menghadapi Malaysia disumbangkan oleh Anthony Sinisuka Ginting, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Jonatan Christie. Setelah berhasil melewati babak perempat final, tim Indonesia berlanjut ke babak semifinal Piala Thomas 2021 dengan bertemu tim tuan rumah, Denmark.

Pada babak semifinal Piala Thomas 2021, Indonesia mampu meraih kemenangan meski sempat kecurian satu poin, dengan kedudukan akhir 3-1. Keberhasilan Indonesia membungkam tim tuan rumah dipersembahkan oleh Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Jonatan Christie, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Karena berhasil melewati babak semifinal, Indonesia berhak mendapatkan tiket final Piala Thomas 2021.

“Hasil final Piala Thomas 2021, tim Indonesia sukses menang dengan menuntaskan tiga partai langsung dengan skor 3-0 atas China. Kemenangan Indonesia dipersembahkan oleh Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Jonatan Christie. Hasil tersebut membuat tim Indonesia keluar sebagai juara Piala Thomas 2021 sekaligus menuntaskan dahaga gelar selama 19 tahun,” tandas Eko Suwanto. (sce/ila)

Jogja Raya