RADAR JOGJA – Setelah vaksinasi Covid-19 dosis pertama dituntaskan pada 7 Oktober tepat HUT ke 265 Kota Jogja lalu. Kini pemkot memfokuskan untuk penyelesaian vaksinasi dosis kedua, ditargetkan sebelum akhir tahun selesai.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi (HP) mengatakan, setelah deklarasi tuntas vaksin, tak serta merta proses vaksinasi lantas dihentikan atau bersantai. Sebab, tetap ada target dosis kedua ini yang mesti dikejar. Menurut HP, pemkot tetap melakukan vaksinasi secara terus menerus. Karena masih ada dosis dua yang perlu diselesaikan. ‚ÄúSentra-sentra tetap beroperasi, kemudian rumah sakit, dan Puskesmas juga masih melayani,” katanya kemarin (11/10).

HP menjelaskan target penyuntikan untuk dosis dua ini akan diselesaikan dalam waktu relatif singkat. Wawali Kota Jogja itu optmisis sebelum pergantian tahun baru seluruh penduduk sasarannya sudah dua kali tervaksin. “Kalau perhitungan kami itu Desember bisa selesai. Ya, semoga lancar tidak ada kendala,” ujarnya.

Kendati demikian, pemkot tetap melakukan penyisiran atau pemantauan terkhusus bagi warga yang belum mendapat dosis pertama tetap akan difasilitasi. Baik itu warga ber-KTP kota atau sebatas hanya domisili saja. “Jadi kan kita masih melakukan vaksinasi terharap mereka yang memang aktifitasnya di Jogja, kalau memang belum ada yang sempat vaksin, masih kita buka,” jelasnya.

Selain itu, bagi warga Kota Jogja dengan komorbit atau penyintas yang belum tiga bulan pemulihan masih terus diproses dan dipantau kesehatannya. Agar mereka kemudian benar-benar bisa layak vaksin. (wia/pra)

Jogja Raya