RADAR JOGJA – Pemkot Jogja dan Pemkot Surakarta menjalin kembali kerjasama yang terputus lama. Ditandai dengan bertamunya Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka ke Balaikota Pemkot Jogja. Kedatangan putra sulung Presiden Joko Widodo ini disambut langsung oleh Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti dan Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi.

Haryadi menegaskan sejatinya kerjasama telah terjalin cukup lama. Tepatnya sejak Joko Widodo menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Sayangnya kerjasama dua wilayah ini berhenti pada medio 2015.

“Kunjungan ini untuk meningkatkan kualitas perjanjian kerjasama antar daerah, antara Pemkot Surakarta dengan Pemkot Jogja. Lalu berbicara juga tentang expo dalam rangka smart city,” jelasnya ditemui di Kantor Wali Kota Jogja, Kamis (7/10).

Haryadi menuturkan Jogjakarta dan Surakarta adalah wilayah aglomerasi. Artinya ada kesinambungan antar wilayah yang saling berdekatan. Terutama untuk sektor perekonomian.

Fasilitas penunjang antar wilayah juga telah terbangun. Diawali dengan adanya jalan penghubung antar wilayah. Trayek kereta rel listrik dan kedepan adalah tol Jogja-Solo.

“Ini membawa mobilitas warga Kota Jogja ke Solo dan Solo ke Jogja. Banyak pedagang di Jogja berasal dari Solo, banyak pedagang dari Jogja melakukan kegiatan di kota Surakarta,” katanya.

Kerjasama, lanjutnya, tak hanya berbicara tentang ekonomi. Ada sektor kebudayaan, transportasi hingga kegiatan pariwisata. Faktor sejarah juga membuat kedua wilayah ini sangatlah dekat.

“Perekonomian kedua wilayah ini saling menguatkan. Ditambah berjuang bersama untuk mengakhiri pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Gibran berharap kerjasama yang putus bisa terjalin kembali. Diawali dengan menguatkan 4 sektor kunci. Mulai dari ekonomi, kebudayaan, tranportasi dan pariwisata.

Dukungan moda transportasi membuat konektivitas kedua wilayah semakin dekat. Jarak dan waktu bisa lebih singkat dengan adanya KRL. Belum lagi dengan dibangunnya tol Jogja-Solo.

“Yang jelas harus manfaatkan konektivitas Jogja dan Solo sebaik mungkin. Ada KRL lalu besok jalan tol Solo-Jogja harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Untuk perekonomian, promosi pariwisata dan kebudayaan,” katanya.

Dalam kesempatan ini Gibran juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk Kota Jogja ke-265. Dia berharap kedepannya Kota Jogja akan terus membaik di semua sektor. Termasuk berjuang bersama dalam menangani pandemi Covid-19.

“Selamat ulang tahun 265, harapannya Jogja juga Solo bisa segera melakukan percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Doakan pandemi cepat selesai dan warga cepat beraktivitas dengan normal,” harapnya. (Dwi)

Jogja Raya