RADAR JOGJA – Sentra vaksinasi di Kantor Kelurahan Giwangan dibanjiri warga. Terbukti dari munculnya kerumunan sedari pagi harinya. Warga lintas usia terlihat antusias mengikuti vaksinasi Covid-19.

Lurah Giwangan Dwi Ernayati menuturkan vaksinasi tersebut baru tahap pertama. Menyasar sekitar 1.030 warga di kawasan Giwangan. Sementara untuk total warga di wilayahnya mencapai 8.021 jiwa.

“Hari ini target warga khusus Giwangan 1.030 orang. Tapi tidak menutup kemungkinan siapapun yang hadir warga semua KTP tetap dilayani,” jelasnya ditemui di Kantor Kelurahan Giwangan, Senin (4/10).

Kendala vaksin adalah kedatangan warga ke sentra vaksinasi. Dalam beberapa kasus warga tidak datang walau undangan telah beredar. Alhasil pihaknya perlu melakukan pendekatan lanjutan ke setiap rumah.

Dia mengaku vaksinasi kali ini baru pertama kali di wilayahnya. Sebelumnya warga datang di setiap sentra vaksin yang ada di Kota Jogja. Sehingga vaksinasi tersebar ke wilayah-wilayah diluar Kelurahan Giwangan.

“Hari ini secara umum lancar. Belum melakukan, baru kali ini dosis pertama. Harapannya bisa diatas 50 persen,” katanya.

Skema lanjutan telah disiapkan untuk mengejar target 100 persen. Dengan menyisir dari rumah ke rumah. Untuk kemudian didaftarkan kembali dalam vaksinasi lanjutan.

Vaksinasi, lanjutnya, tidak terbatas bagi warga ber-KTP Giwangan. Warga luar wilayah tetap dia masukan dalam daftar vaksin. Terutama yang kerap bermobilitas di wilayah Kelurahan Giwangan.

“Akan lihat data semua cakupan hari ini dan setelahnya. Tetap kami sisir dalam rangka menuntaskan vaksinasi di Giwangan dan Jogjakarta secara umum,” ujarnya.(dwi)

Jogja Raya