RADAR JOGJA- Sebagai antisipasi kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Satpol PP Kota Jogja, melakukan aksi bersih-bersih coretan di tembok di sejumlah titik. Salah satunya di simpangempat Wirobrajan Kota Jogja.

Mantri Pamong Praja Wirobrajan, Sarwanto berdalih sebagai aksi bersih-bersih rutin. Berlangsung setiap Jumat dengan berkeliling wilayah Kemantren. Sasaran utama adalah vandalisme yang ditemui di jalan.

“Kami dari Kemantren Wirobrajan ini melihat banyak tulisan vandalisme menjurus provokatif. Minggu lalu sebelah selatan sudah dihapus tetapi sekarang di pojok sini karena tulisannya besar-besar pagi ini kami bersihkan,” jelas  Sarwanto, Jumat (10/9).

Dia menampik aksi ini sebagai respon kedatangan Presiden RI. Bersih-bersih vandalisme memang telah teragenda rutin setiap minggunya. Hanya saja memang kebetulan bertepatan dengan kedatangan Jokowi ke Jogjakarta.

“Setiap jumat kami bersihkan keliling ke wilayah vandalisme apalagi yang tulisannya provokatif. Ya kebetulan juga hari ini, Pak Jokowi datang,” kata Mantri Pamong Praja Wirobrajan, Sarwanto.

Kepala Jawatan Keamanan Kemantren Wirobrajan, Hudi Harsono menegaskan agenda rutin berlangsung setiap pekan. Kebetulan lokasi pembersihan bertepatan dengan lokasi melintas rombongan Presiden. Setidaknya perwajahan Kemantren Wirobrajan menjadi lebih bersih.

Pemilihan simpangempat Wirobrajan memiliki alasan tersendiri. Coretan di dinding sisi timur ini sangatlah besar. Baik dari segi ukuran maupun bentangan coretan.

“Mungkin karena ada kedatangan Pak Jokowi kami utamakan spot ini dulu. Hari ini sini dulu di sepanjang pojokan Timur Wirobrajan ini. Biasanya target satu kaleng habis ya sudah,” ujar Hudi Harsono.(dwi/sky)

Jogja Raya