RADAR JOGJA – Sebanyak 61 personel perangkat pertandingan asal Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) dipanggil oleh Pengurus Besar (PB) masing-masing cabang olahraga (cabor) untuk bertugas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.Mereka terdiri dari juri, wasit, hingga technical delegate.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ mengapresiasi dan bangga atas pemanggilan mereka dalam event olahraga terbesar di Indonesia itu. Wakil Ketua Umum II KONI DIJ Rumpis Agus Sudarko menjelaskan dari 61 personel, tercatat baru 46 orang yang masuk Surat Keputusan (SK) KONI DIJ. Yakni tiga orang dari cabor baseball, tinju (1), karate (2), wushu (6), bola voli pasir (1), dan angkat besi (2).

Kemudian judo diwakili satu orang, rugbi (1), taekwondo (2), aeromodelling (5), senam (2), gantole (1), bola basket (2), hoki (5), renang (3), sepak takraw (1), binaraga (1), kempo (1), renang artistik (3), futsal (2), serta panjat tebing (1). Sedangkan sisanya, lanjut Rumpis, akan segera disusulkan untuk dibuatkan SK. “Untuk mendukung tugas para perangkat pertandingan, kami memberikan sejumlah uang saku, training pack, dan tas ransel,” katanya.

Ketua Umum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto berpesan kepada para perangkat pertandingan untuk betul-betul memimpin pertandingan secara jujur, objektif, dan fairplay. Dengan harapan tidak akan ada hal yang dapat merugikan para pemain di lapangan. “Mereka para perangkat pertandingan sudah kami kumpulkan untuk berkoordinasi,” ujar Djoko Pekik.

KONI DIJ juga meminta kepada 61 personel yang dipanggil untuk mempelajari perkembangan regulasi terbaru di cabor masing-masing. Terutama di level nasional. Harapannya sepulang bertugas mereka yang akan dipanggil kembali oleh KONI DIJ dapat memberikan ‘oleh-oleh’ berupa pembelajaran baru untuk pembinaan prestasi. “Kami harap mereka dapat memberi motivasi untuk atlet yang berlaga baik di cabor yang ditekuni atau di luar cabor di klaster masing-masing,” papar pria 59 tahun itu.

Wasit angkat besi DIJ Lili Purwanto berterimakasih atas dukungan KONI DIJ. Dia berjanji akan berupaya menjalankan tugas di Bumi Cenderawasih-julukan Papua, dengan sebaik mungkin. Di PON nanti, Lili bakal bertugas bersama rekannya, Sulasmi. (ard/din)

Jogja Raya