RADAR JOGJA- Ketua Komisi A DPRD DIJ dari Fraksi PDI Perjuangan Eko Suwanto, menyatakan pembagian bansos kepada warga terdampak diharapkan bisa meringankan beban akibat COVID-19.

“Pemprov DIJ perlu segera salurkan bansos bagi warga terdampak sesuai data yang ada. Semoga bisa berikan pitulungan bagi mereka yang membutuhkan bantuan, ringankan keluarga terdampak COVID-19 di DIJ,” kata Eko Suwanto, Jumat, (3/9).

Kebijakan perpanjangan masa PPKM level 4 yang diambil oleh pemerintah, diharapkan bisa benar-benar efektif dalam pelaksanaan.  Harapan ke depan, kebijakan ini bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di DIJ.

“Tentunya kebijakan perpanjangan masa PPKM level 4 di DIJ hingga 6 September 2021 harus diikuti dengan disiplin protokol kesehatan oleh semua. Semoga tak lama lagi, seiring dengan digencarkan vaksinasi massal bagi warga DIJ bisa berikan imunitas dan mengurangi dampak resiko Covid-19,” ujar Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIJ dari Fraksi PDI Perjuangan.

Eko menambahkan berdasarkan laporan situasi terkini dari Germas Covid DIJ hingga Kamis, (3/9) ada penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19  di DIJ sebanyak 353 kasus, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi  151.125 kasus.

Penambahan kasus sembuh sebanyak 1079 kasus, sehingga total sembuh menjadi 135.928 Kasus. Penambahan kasus meninggal sebanyak 18 kasus, sehingga total kasus meninggal menjadi  4923 kasus.

Distribusi kasus terkonfirmasi Covid-19 menurut domisili wilayah kota Jogja  69 kasus, Kabupaten Bantul 100  kasus, Kabupaten Kulon Progo 25 kasus, Kabupaten Gunungkidul  58 kasus dan Kabupaten Sleman 101  kasus.

Distribusi kasus sembuh menurut domisili di Kota Jogja  83 kasus, Kabupaten Bantul  365 kasus, Kabupaten Kulon Progo 183 kasus, Kabupaten Gunungkidul 59  kasus, Kabupaten Sleman 389 kasus.

Rincian kasus meninggal diKota Jogja 3 kasus, Kabupaten Bantul  4  kasus, Kabupaten Kulon Progo 2 kasus, Kabupaten Gunungkidul  1 kasus dan Kabupaten Sleman  8 kasus.  Rincian riwayat sementara kasus terkonfirmasi Covid – 19 hasil periksa mandiri 28  kasus, tracing kontak kasus positif  311 kasus, belum ada info : 14  kasus

“Melihat data yang ada, kita terus dorong pemerintah untuk terus gencarkan vaksinasi karena masih ada 41,83 persen atau 1.204.502 orang belum vaksinasi dari data hingga Kamis ini.

Seiring dengan langkah vaksinasi dan pelayanan kesehatan, kita harapkan pemprov DIJ bisa segera salurkan bantuan sosial bagi warga yang terdampak, selama masa perpanjangan PPKM level 4 ini, kata Eko Suwanto. (sce/sky)

Jogja Raya