RADAR JOGJA – Komunitas Parkir Ngabean berharap ada solusi selama perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Karena mereka tak bisa beraktivitas dan tak ada pemasukan. Bantuan paket sembako pun baru diperoleh dari Polda DIJ bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-67, Selasa (17/8).

“Selama ini belum pernah ada yang membantu, baru kali ini dari Polda DIJ,” Ketua Komunitas Muslim Green Zone (MGZ) Parkir Ngabean Andi Jatmika.

Dalam kesempatan itu, Polda DIJ membagikan sebanyak 200 paket sembako. Juga diberikan penambahan fasilitas untuk ambulans milik MGZ. Menurut Andi, ada sekitar 1.000 orang yang menggantungkan hidup dari Parkir Ngabean. Mulai dari juru parkir, pedagang, pengayuh becak hingga shuttle wisata Si Thole. Sejak pandemi, praktis mereka tak bisa beraktivitas. Sempat kembali buka, tapi tak bertahan lama karena diberlakukan PPKM hingga saat ini.

“Pandemi belum tahu kapa berakhir, kami berharap ada solusi supaya kegiatan di Ngabean ada solusi dan perekonomian bisa berjalan seperti sedia kala,” tuturnya.

Selama ini, lanjut dia, elemen masyarakat di Parkir Ngabean mengandalkan sektor pariwisata dari parkir bus pariwisata di sana. Ketika ada larangan berwisata selama PPKM, praktis tak ada aktivitas yang bisa dikerjakan. Ketika tak ada aktivitas, mayoritas anggota komunitas Parkir Ngabean menganggur. “Untuk bertahan hidup, ada yang jual motor, apa saja,” ungkapnya.

Kanit I Direktorat Intelkam Polda DIJ AKP Legowo Saputra mengatakan, pembagian bansos kali ini memang diperuntukkan kepada elemen masyarakat di Kompleks Parkir Ngabean ini karena mereka sangat terdampak selama pandemi. “Pembagian bansos kali ini sengaja bersamaan dengan momen kemerdekaan RI,” ujarnya.

Kenapa diberikan kepada elemen masyarakat di Parkir Ngabean? Legowo menyebut, karena mereka yang selama ini bergantung pada sektor pariwisata terdampak karena aktivitasnya berhenti total. Ada sekitar 200 paket sembako yang dibagikan. Juga diserahkan bantuan untuk melengkapi fasilitas ambulans milik MGZ. “Harapannya elemen masyarakat di Parkir Ngabean dapat menjaga kamtibmas,” ungkapnya. (pra/ila)

Jogja Raya