RADAR JOGJA – PDI Perjuangan Kota Jogja membuka Posko Dapur Umum sejak Minggu (15/8). Dapur umum ini berada di wilayah Dapil I (Kecamatan Mantrijeron, Keraton, Mergangsan) dan III (Kecamatan Gedongtengen, Jetis, Tegalrejo).

Inisiasi ini muncul karena tingginya kasus Covid-19 hingga saat ini. Paket makan siang akan dibagikan kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri, karantina mandiri maupun warga yang memang membutuhkan bantuan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Eko Suwanto menuturkan pentingnya keberlanjutan dari Posko Dapur Umum ini. Apresiasi kepada para kader yang bergotong royong ikut menyumbang berbagai bahan baku mulai dari sayur mayur, beras dan kebutuhan sembako lain.

“Gotong royong ini penting di masa pandemi ini sehingga dapur umum ini bisa terus berlanjut dan hadir di tengah masyarakat,” kata Eko Suwanto.

Posko dapur umum dibentuk di lima titik berdasarkan wilayah dapil yang ada. Dalam sehari, setiap posko mampu menyediakan sedikitnya 250 paket makanan. Sehingga dalam satu hari dapat membagikan 1.250 paket bagi masyarakat.

Selain menggerakakan lima Posko Dapur Umum, bersama Fraksi PDIP DPRD Kota Jogja juga mengawal berbagai hal untuk percepatan penanganan Covid-19. Antara lain mendorong kebijakan Pemerintah Daerah agar lebih cepat mengalokasikan bantuan sosial, jaring sosial dan jatah hidup bagi masyarakat terdampak, baik melalui anggaran perubahan APBD maupun Dana Keistimewaan.

“Kami juga mendorong terus upaya percepatan vaksinasi termasuk untuk anak anak yang hingga kemarin sore (15/8) baru tercapai 3,1 persen,” ujar Eko Suwanto

Penanganan Covid-19 di lapangan pun turut digerakkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan para relawan di lapangan menbantu dalam berbagai hal penanganan Covid-19.

“Kami juga terus bergerak membantu masyarakat yang membutuhkan seperti membantu pemakaman warga, pemulasaraan jenazah dan terus sosialisasikan protokol kesehatan,” jelas Bendahara DPC PDIP Kota Jogja Endro Sulaksono.

Melalui Posko Dapur Umum di Dapil V saja setidaknya dapat membantu kebutuhan makan bagi warga isoman di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Umbulharjo yang tersebar di 7 kelurahan dan Kecamatan Kotagede yang tersebar di 3 kelurahan.

“Untuk pembagian paket makanan ini kami akan bekerjasama dengan pihak Satgas Covid-19 kelurahan sehingga penyalurannya sesuai protokol kesehatan,” papar Ketua Komisi B DPRD Kota Jogjakarta, Susanto Dwi Antoro yang turut mengunjungi Posko Dapur Umum Dapil V belum lama ini. (sce/om2/ila)

Jogja Raya