RADAR JOGJA- Untuk membantu tim kesehatan menangani virus Corona, sebanyak 137 tenaga kesehatan TNI yang terdiri dari 120 Nakes Siswa Pendidikan Pertama Perwira (Dikmapa) Perwira Karir (PK) Tahun 2021 dan 17 pendamping dikirim ke wilayah  Jogjakarta untuk membantu penanganan Covid-19.

Komandan Kodim 0734/Kota Jogjakarta  yang diwakili oleh Perwira seksi logistik Kapten Cpm Soeparmin beserta Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI M. Yani Amirullah,  Danse Pa Pk Kolonel Kav Janto I. Tehupuring, Kasi Ops Korem Kolonel Inf Mustakim, Danse PSDP Kolonel Pnb Wibowo Cahyo, Kadisops Kolonel Pnb Sukarno, ikut meyambutan kedatangan Nakes Siswa Pendidikan Pertama Perwira (Dikmapa) Perwira Karir (PK) di Base Ops Lanud Adisutjipto, Senin (9/8).

Perwira seksi logistik Kapten Cpm Soeparmin menjelaskan kedatangan seluruh Nakes TNI tersebut diberangkatkan dengan 1 pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 32, dengan rute dari Lanud Halim Perdana Kusumah menuju Lanud Adisutjipto yang terbagi dalam  2 sorties penerbangan.

Nakes Dikmapa PK Tahun 2021 ini masih berstatus siswa dan pada beberapa waktu  diberangkatkan dari tempat pendidikan mereka di Magelang menuju Jakarta guna percepatan penanggulangan Covid-19 atas instruksi dari Panglima TNI.

“Seluruh Nakes TNI tersebut akan berada dibawah kendali Korem 072/Pamungkas, serta langsung dibagi ke 5  Kodim di jajaran Korem 072/ Pamungkas  yaitu Kodim Bantul sebanyak 25 siswa dan 3 pengasuh, Kodim Gunung Kidul sebanyak 20 siswa, 3 pengasuh, Kodim Kulonprogo sebanyak 20 siswa, 3 pengasuh, Kodim Sleman sebanyak 30, 4 pengasuh dan Kodim Kota Jogjakarta 25 siswa,”kata Kapten Cpm Soeparmin.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI M. Yani Amirullah Danlanud Adisutjipto menuturkan sesuai dengan Perintah Panglima TNI, maka para siswa Nakes Sepa PK Tahun 2021 akan bertugas mendukung percepatan penanganan Covid 19 terutama dalam mempercepat program vaksinasi, serta mendukung kegiatan di Rumah Sakit rujukan serta tempat Isolasi Terpusat di wilayah Jogjakarta.

“Untuk itu saya berharap bahwa seluruh siswa dapat melaksanakan tugasnya dengan tetap mematuhi seluruh peraturan, ketentuan yang berlaku serta tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan 5 M secara ketat selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga tetap diberikan kesehatan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas di Jogjakarta,”jelasnya. (sky)

Jogja Raya