RADAR JOGJA – Saat ini kesehatan fisik seperti jadi perhatian semua orang. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19. Namun, kesehatan mental juga harus tetap diperhatikan.

Salah satu cara agar kesehatan mental tetap terjaga adalah dengan berlibur. Namun, di situasi pandemi saat ini cara berlibur yang dinilai paling aman adalah staycation atau liburan dekat rumah di dalam kota.

Mila Rosinta punya beberapa tips dalam menjalani liburan dengan cara staycation. Menurutnya, ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Salah satu yang paling penting adalah pemilihan hotel. “Harus pilih hotel yang benar-benar memperhatikan protokol kesehatan,” ujarnya kepada Radar Jogja.

Penerapan prokes di hotel itu sangat penting bagi Mila. Pasalnya, sosok yang dikenal sebagai penari itu kerap melakukan staycation bersama suami dan kedua anaknya yang masih berusia di bawah lima tahun (balita).

Mila menjelaskan, saat ini banyak hotel yang sadar betul dalam penerapan protokol kesehatan. Bahkan menurut dia, saat ini banyak hotel yang menerapkan sarapan bisa dibawa dan dimakan di dalam kamar.

Selain itu, wisatawan staycation juga harus benar-benar disiplin menurut Mila. Disiplin dalam memakai masker, selalu mencuci tangan, dan penerapan protokol kesehatan yang lain.

“Satu lagi, kalau bisa jangan sampai menyentuh bagian kepala kita kalau belum cuci tangan ketika sedang staycation,” jelas Mila.

Menjalani staycation dengan membawa anak-anak yang masih usia balita juga jadi tantangan tersendiri. Apalagi dalam menjaga anak-anak agar terus menggunakan masker misalnya. “Tapi anak-anak saya itu sudah paham. Saya juga gak ngerti, kalau keluar ruangan masker mereka selalu terpakai,” lanjutnya.

Lebih lanjut Mila juga menyebutkan, DIJ sebagai salah satu tujuan wisata utama di Indonesia memiliki banyak sekali jenis hotel. Menurutnya, hotel-hotel itu menawarkan fasilitas yang bagus dan beda satu sama lain. (kur/laz)

Jogja Raya