RADAR JOGJA – Vaksinasi Covid-19 dalam mencapai herd immunity di Indonesia masih terasa jauh. Terlebih sejak hadirnya varian virus Delta. Capaian herd immunity meningkat. Targetnya meninggi dari Covid-19 sebelumnya.

Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Riris Andono mengungkapkan, vaksinasi perlu dipercepat, setidaknya 85 persen dari jumlah penduduk Indonesia, dua ratus sekian juta jiwa. Tetapi untuk mencapai kekebalan kelompok, sangatlah sulit. Bahkan seandainya kekebalan kelompok tercapai, pandemi tidak akan segera berakhir.

“Kecuali kekebalan kelompok tercapai secara global pada saat yang bersamaan,” ungkap dr Doni, sapaannya, saat dihubungi Radar Jogja kemarin (26/7).

Dikatakan, vaksinasi tidak menjamin orang tidak terpapar Covid-19. Ia menekankan, yang menjamin orang tidak terpapar dengan cara melakukan isolasi. Di saat orang tidak berkontak langsung dengan orang lain.

Ya, vaksin menjamin sebagian orang tidak terinfeksi meskipun terpapar. Namun bagi yang masih terinfeksi, akan melindungi dari keparahan gejala klinis dan risiko kematian.

Untuk mencapai herd immunity ini harus dilakukan secara cepat. Karena imunitas vaksin itu juga ada batasnya. Batasnya tidak terlalu panjang, kurang lebih satu tahun. Sementara dalam varian Delta, capaian herd immunity meningkat dari semula 75 persen menjadi 85 persen.

”Bisa nggak mencapi target segitu banyak dalam kurun waktu sekitar satu tahun. Kalau lebih dari satu tahun, ya herd imunity-nya tidak akan bisa tercapai karena yang divaksin sebelumnya sudah hilang imunitasnya,” ujarnya.

Ditandaskan, vaksin tidak menjamin 100 persen. Misalnya saja vaksin Sinovac. Efikasinya hanya 65 persen. Artinya, masih berisiko terpapar, bahkan terkonfirmsi Covid-19. ”Kemungkinan penyakit menjadi berat lebih sedikit. Kalau sakit ya akan ada risiko untuk mati, meski risikonya juga berkurang,” kata Doni.

Menurutnya, dampak vaksinasi terasa pada level individu. Dapat menurunkan tingkat paparan dan konfirmasi positif Covid-19. Kendati dampaknya mampu menurunkan dalam level populasi, hal ini belum terasa. (mel/laz)

Jogja Raya