RADAR JOGJA – GENRE musik indie pop termasuk salah satu genre yang masih punya tempat tersendiri. Terutama di generasi muda.
Padahal aliran ini sebenarnya sudah berkembang di Inggris sejak tahun 1970-an, dan menyebar ke seluruh dunia sampai sekarang.
Indonesia sendiri punya banyak band yang mengusung genre musik seperti itu. Salah satu yang sudah punya nama di kancah musik nasional adalah Reality Club. Kiprah band yang memiliki vokalis perempuan itu cukup memberikan inspirasi bagi generasi muda yang lain.
Brigitta Globin Angela misalnya, sosok yang akrab disapa Ubi itu sejak dua tahun lalu tergabung dengan sebuah band bernama Impromptu. Band itu mengusung genre indie pop dan sudah memiliki tiga single yang bisa didengarkan di beberapa platform streaming musik digital yang ada.
Sejak lama, Ubi memang punya keinginan memiliki band dengan konsep seperti Reality Club. Dan konsep itu cukup mendekati di Impromptu. “Cuma berjalannya, waktu karena setiap pemain di Impromptu. itu punya influence musik masing-masing ya jadinya gini entah apa,” kata sosok wanita mungil itu.
Ubi sendiri saat ini masih menjalani masa-masa skripsi di jurusan Psikologi Universitas Sanata Dharma. Selain sibuk mengerjakan skripsinya, Ubi juga terus bermusik. Namun, sejak diberlakukannya PPKM oleh pemerintah sejak beberapa pekan terakhir, membuatnya tidak bisa berlatih secara langsung di studio bersama teman-temannya.
Pandemi Covid-19 sudah berlangsung sejak tahun lalu. Sampai sekarang belum ada kepastian kapan bencana ini akan berakhir. Kondisi ketidakpastian itu membuat banyak orang menjadi pesimistis terhadap masa depan.
Namun, Ubi tetap mencoba berpikir positif. Termasuk soal kemungkinan karier yang mungkin akan diambil untuk menghidupi dirinya kelak, yakni hidup dari ngeband. “Soalnya itu sudah angan-angan lama, memang pengen banget nge-band terus,” lanjutnya.
Apalagi menurut Ubi, manusia tidak akan bisa dilepaskan dari musik. Menurutnya akan hambar jika tidak ada musik yang mengiringi setiap kejadian atau momen yang dialami oleh manusia.
Dijelaskan, Impromptu, saat ini masih belum memiliki album. Namun, Brigitta Globin Angela menjanjikan band nya itu akan segera punya album. Paling tidak album itu akan siap didengarkan tahun depan. “Saat ini mengumpulkan materi sebanyak mungkin dulu,” tandasnya. (kur/bah)

Jogja Raya