RADAR JOGJA- Dalam waktu kurang dari dua bulan, rumput kering di Alun-Alun Utara (Altar) Keraton Jogjakarta dua kali terbakar. Sebelumnya, pada 25 Mei lalu, rerumputan di sisi barat yang terbakar.

Saat itu diduga penyebab terbakarnya rerumputan kering tersebut berasal dari puntung rokok yang dibuang.

Timbunan rumput kering tersebut berasal dari pemeliharaan yang dilakukan pihak Keraton Jogja dengan memberi cairan obat semprot.

Yang terbaru sekitar 4×5 meter lahan yang dipenuhi timbunan rumput kering di sisi barat laut Altar, terbakar Minggu pagi (4/7), sekitar pukul 10.00.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jogja, ¬†Octo Noor Arafat mengatakan, lokasi timbunan rumput kering yang terbakar tepatnya di sebelah selatan Museum Sonobudoyo. Tapi Octo belum bisa menyebutkan alasan kebakaran kemarin.¬† “Ranahnya kepolisian untuk memastikan,” tuturnya, ketika dikonfirmasi Radar Jogja.

Hanya Octo menyebut, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jogja memperoleh laporan dari masyarakat sekitar pukul 10.00. Pihaknya mengerahkan dua unit mobil pemadaman kebakaran dari Mako Induk Balai Kota dan dari pos Mojo. “Dalam 30 menit sudah bisa dipadamkan,” kata mantan Kabag Tapem Pemkot Jogja itu. (pra/sky)

Jogja Raya