RADAR JOGJA- Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi menuturkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja tengah menggenjot upaya percepatan vaksinasi kepada pelaku ekonomi yang kerap berinteraksi dengan masyarakat banyak.

“Sejak awal kami memang memprioritaskan vaksin kepada masyarakat yang selama ini berhadapan dengan orang lain dan tingkat interaksinya cukup tinggi dengan masyarakat luas,” katanya saat meninjau vaksinasi di Silol Kopi, Rabu (23/6).

Heroe menambahkan, beberapa waktu lalu Pemkot Jogja juga telah melaksanakan vaksin kepada pelaku usaha di kawasan Malioboro, Beringharjo serta petugas pelayanan publik lainnya.

“Mereka ini kan sering kali berhadapan dengan masyarakat banyak. Sehingga harapan kami vaksin ini bisa menjadi benteng supaya penularan Covid-19 terkendali,” ungkapnya.

Pemkot Jogja akan berupaya pula dalam memperkuat pengawasan protokol kesehatan di tempat-tempat usaha. Pelaksanaan protokol kesehatan meliputi 5 M mesti dioptimalkan meski pelaku usaha telah menjalani vaksin.

Heroe mendorong agar setiap unit usaha memiliki Satgas Penanganan Covid-19. Hal ini penting agar pelaksanaan protokol kesehatan dapat diawasi dengan cermat saat operasional usaha berlangsung.

Sampai saat ini, telah lebih dari 140 ribu warga yang telah divaksin oleh Pemkot Jogja. Pihaknya juga menargetkan seluruh masyarakat Jogja telah mendapat vaksinasi pada pertengahan Agustus mendatang. “Mengenai kapasitas juga kami ingatkan agar tetap mengacu pada aturan yakni 25 persen,” ujarnya. (sky)

Jogja Raya