RADAR JOGJA – Bosan ngopi dengan suasana yang itu-itu aja? Salah satu kedai kopi di Kulonprogo menawarkan sensasi baru, menikmati kopi di tengah sungai. Lokasinya bernama Kedai Kembang Kopi, terletak di Wisata Bukit Sebantung, kawasan wisata air Terjun Kedung Pedut, Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo.

IWAN NURWANTO, Radar Jogja, Kulonprogo

Kembang Kopi tergolong salah satu destinasi wisata kuliner baru di Kulonprogo. Kedai kopi ini baru buka awal April 2021 lalu dan menyediakan berbagai sajian kopi seperti arabika, robusta hingga kopi tubruk.

Meski sajian kopinya sama dengan kedai kopi pada umumnya, Kedai Kembang Kopi menawarkan sensasi berbeda untuk menikmati secangkir kopi. Sebab, kedai ini terletak di tengah sungai dengan aliran yang tenang.

Karena terletak di tengah aliran sungai, pengunjung pun bisa ngopi sambil merendam kaki. Sensasinya pun bertambah lebih mengasyikkan karena di dekat kedai juga ada air terjun dengan suara gemericik.

Pengelola Kedai Kembang Kopi Tri Wahyudi mengatakan, konsep ngopi di tengah sungai ini dia ambil agar bisa berbeda dengan kedai kopi lainnya. Harapannya, pengunjung bisa menikmati sensasi baru untuk menikmati secangkir kopi ketika berwisata ke Kulonprogo.

Lokasinya yang berada dekat dengan air terjun juga menjadi nilai tambah pengunjung ketika datang ke kedai ini. Sebab, airnya sangat jernih dan suasananya juga tenang. Suara gemericik air terjun ikut menambah asyiknya suasana.

“Kami sengaja mengonsep seperti ini agar berbeda dengan kedai kopi lainnya, yakni dengan menawarkan konsep minum kopi sambil kekeceh,” ujarnya.
Apabila ada pengunjung yang tidak suka berbasah-basah, pengelola juga menyediakan tempat yang tidak langsung terkena air. Yaitu berupa gazebo dan pendapa di atas sungai.

Kedai kopi yang dia kelola juga menyediakan menu selain kopi, seperti teh, coklat hingga wedang uwuh. Untuk makanan disediakan geblek tempe, gorengan, nasi lauk hingga ubi rebus. “Menu itu kami banderol mulai harga Rp 3 ribu hingga Rp 13 ribu,” terangnya.

Kedai ini pada hari biasa buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00. Dari Kota Jogja, lokasi kedai berjarak sekitar 30 km atau satu jam perjalanan dengan kendaraan. Kembang Kopi berada di kawasan wisata unggulan di Kulonprogo seperti Taman Sungai Mudal dan Air Terjun Kedung Pedut, sehingga bisa menjadi jujukan usai berwisata di beberapa destinasi itu.

Salah seorang pengunjung Kedai Kembang Kopi, Putri Sintya, 21, mengaku baru kali pertama menemui kedai kopi dengan konsep unik di tengah sungai. Dia benar-benar merasakan sensasi berbeda dengan bermain air sambil menikmati secangkir kopi.

“Ini benar-benar unik dan menyenangkan, karena saya baru pertama menemui ini di Kulonprogo,” ujar gadis asal Wates ini. (laz)

Jogja Raya