RADAR JOGJA- Pemerintah Kota  Jogja melalui Dinas Periwisata kembali menyelenggarakan Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja 2021. Mengangkat tema Energy of Tourism.

Kegiatan ini merupakan ajang pemilihan duta wisata Kota Jogja yang akan turut berperanaktif dalam mengembangkan pariwisata di Kota Jogja . Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja diselenggarakan dua tahun sekali. Seleksi dimulai sejak tanggal 20 Maret 2021.

Ketiga puluh Finalis Dimas Diajeng Kota Jogja 2021 telah melampaui tahapan yang cukup panjang dengan tetap mengedepankan protol kesehatan ketat, dimulai pendaftaran online, seleksi berkas, wawancara tahap pertama secara online, psikotes, wawancara tahap dua secara offline, unjuk bakat berkolaborasi dengan seniman Jogja, karantina dan yang terakhir malam final.

Dikarenakan masih dalam situasi pandemi, puncak Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja 2021 digelar secara hybrid atau bauran antara daring dan luring. Tamu yang hadir pada saat luring / offline akan sangat terbatas dengan menerapkan protokol yang sangat ketat.

Sementara keluarga finalis maupun masyarakat dapat memberikan dukungan secara daring / online secara langsung melalui kanal Youtube Dinas Pariwisata Kota Jogja  pada hari Sabtu tanggal (12/6).

Adapun kriteria juara yang diberikan yaitu Dimas dan Diajeng Terpilih Kota Jogja 2021, Wakil I Dimas dan Diajeng Kota Jogja, Wakil II Dimas dan Diajeng Kota Jogja, Harapan I Dimas dan Diajeng Kota Jogja, Harapan II Dimas dan Diajeng Kota Jogja. Selain itu juga dipilih Juara Atribut Persahabatan Dimas dan Diajeng Kota Jogja, Atribut Berbakat Dimas dan Diajeng Kota Jogja, Atribut Favotrit Dimas dan Diajeng Kota Jogja.

Walikota Jogja,  Haryadi Sayuti menuturkan para pemenang ajang Dimas Diajeng Kota Jogja tahun 2021, diharapkan dapat mengemban tugas sebagai Duta Pariwisata dan Seni Budaya Jogjakarta.

“Sandanglah gelar Dimas Diajang dengan penuh tanggung jawab. Sebagai pemuda pemudi Yogya yang berprestasi dan berbudaya karena membawa nama besar Yogya,” ujarnya.

Haryadi menambahkan, pihaknya bangga dengan para pemuda pemudi  Jogjakarta yang mengikuti pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja.

Karena baginya, Dimas Diajeng Kota Jogja  2021 yang terpilih memiliki kemampuan mengenai informasi tentang pariwisata dan seni budaya sebagai landasan  Jogjakarta sebagai kota pariwisata.

“Dimas Diajeng harus tahu tentang Jogja, sehingga betul-betul menjadi representasi pariwisata dan budaya Jogja, karena itu landasan kota Jogja,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko menyampaikan, penyelenggaraan ajang Dimas Diajeng Kota  JogjaDdengan protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut merupakan momentum untuk membranding citra positif dan upaya memulihkan pariwisata Kota Jogja.

“Pariwisata Jogja  membutuhkan energi muda yang bisa mengirimkan sinyal bahwa pariwisata Jogja siap dikunjungi. Kami bersama pelaku wisata juga berupaya dengan memastikan protokol kesehatan dijalankan di semua industri jasa pariwisata di Jogja,” katanya. (sce/sky)

Jogja Raya