RADAR JOGJA – Buah, selalu berhasil menghadirkan cita rasa segar dalam olahan makanan. Nah, bagi penikmat olahan dengan campuran buah segar, Radar Jogja punya rekomendasi baru.

Biasanya buah segar menjadi topping pizza seperti di varian Hawaiian pizza. Ada pula olahan tradisional ayam nanas yang bercita rasa manis asam. Tapi pernahkah mencoba, buah segar untuk dijadikan toping olahan mie ayam? Ya, anda tak salah baca. Menu Kuliner Unik kali ini adalah Mie Ayam Rujak.

Bukan hanya buah segar biasa, tapi dengan tambahan bumbu rujak. Menu unik kali ini dihidangkan oleh Warung Damkar. Lokasinya cukup mudah ditemukan. Lantaran warung berada tepat di depan Markas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bantul, Jalan KH Wahid Hasyim, Palbapang, Bantul. Warung buka setiap hari, sejak pukul 09.00. Biasanya, dagangan di Warung Damkar ludes sekitar pukul 16.00.

Kembali pada pembahasan Mie Ayam Rujak. Menurut salah seorang penjaga Warung Damkar, Widodo, menu nyeleneh ini merupakan buah pikiran bosnya. Pemilik si empu Warung Damkar, Ndari Iswanti, suatu ketika ingin mencoba variasi menu unik. “Waktu juragan lagi beli rujak, rujaknya ditumpahin di mie ayam, terus diaduk,” beber pria 29 tahun itu kepada Radar Jogja kemarin (28/5).

Mie ayam dan rujak yang bercampur menimbulkan cita rasa yang unik. Selain itu, perpaduan rujak dan mie ayam dirasa pas oleh lidah Ndari. “Ya karena enak, akhirnya dijual dan jadi salah satu menu andalan kami,” sebutnya.

Menu Mie Ayam Rujak tentu sudah mengalami modifikasi. Jadi rujak yang menjadi toping mie ayam bukan seperti rujak di warung kebanyakan. Buah utama yang digunakan adalah jeruk bali. Kemudian ditambah buah dengan cita rasa asam lainnya, seperti kedondong, nanas, dan mangga. Sebagai pelengkap, turut ditambahkan bengkuang dan pepaya.

Sementara untuk olahan mie ayamnya, cenderung sama dengan mie ayam kebanyakan. Warung Damkar menggunakan mie basah dengan tekstur mie tebal. Widodo mengungkap, jika mie yang biasa dibeli dari pedagang langganan. Mie ayam juga dilengkapi dengan sawi dan potongan daun bawang. Yang agak spesial adalah potongan daging yang tebal dan besar. serta adanya taburan bawang goreng.

Untuk rasa, aslinya mie ayam ini cenderung manis. Sebab menggunakan bumbu rujak yang terbuat dari gula jawa dan penggunaan buah. Aroma dan rasa terasi pun turut hadir saat dikecap. Sementara kuah dari mie ayam segar dan gurih. Dan selayaknya warung mie ayam lain, Warung Damkar turut menyediakan sambal, untuk menambal cita rasa pedas pada hidangan Mie Ayam Rujak.

Selain Mie Ayam Rujak, Warung Damkar juga menyediakan menu lain, seperti tongseng ayam kampung, bakso urat, bakwan kawi, dan ayam geprek. Harga menu per porsi mulai dari Rp 8 ribu sampai Rp 15 ribu. (fat/pra)

Jogja Raya