RADAR JOGJA – Pemerintah Kota Jogja menutup tiga warung makan lesehan yang terindikasi memasang harga tidak wajar. Tindakan ini atas respon keluhan wisatawan tentang mahalnya menu pecel lele. Hingga akhirnya menghebohkan dunia maya dalam beberapa hari terakhir.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi menuturkan penutupan warung bersifat sementara. Untuk kemudian ditelusuri lebih jauh pelaku yang dimaksud. Indikasi kepada ketiga warung kuat karena memiliki ciri yang sama. Terutama untuk harga menu pecel lele.

“Hari ini kami menutup 3 warung makan yang di jalan Perwakilan. Kemudian Senin besok (31/5) kami panggil untuk mengetahui siapa yang salah dan kami beri sanksi,” jelasnya ditemui di kawasan Malioboro, Sabtu (29/5).

Penutupan ketiga warung bukan asal tunjuk. Timnya telah melakukan penelusuran berdasarkan keterangan pengunggah video. Selain itu juga mencermati harga-harga yang terlampir di setiap warung.

Ketiga warung memiliki ciri yang sama. Mulai dari harga hingga cara berjualan. Tindakan selanjutnya adalah pemanggilan oleh Satpol PP Kota Jogja.

“Senin dipanggil Satpol PP akan ditindak. Sanksi jelasnya masih Senin besok. Itu konfirmasi lagi untuk menentukan kesalahannya. Sanksi terberat tutup selamanya,” tegasnya.

Heroe mengaku telah bertemu dengan pengunggah video. Wisatawan tersebut menyebutkan lokasi warung berada di sekitar jalan Perwakilan. Indikator inilah yang mengarah kepada tiga warung tersebut .

Pihaknya juga telah bertemu dengan perwakilan Komunitas Malioboro. Dia berpesan agar tidak memanfaatkan momentum. Pedagang harus jujur dalam melayani pembelinya. Mulai dari mencantumkan harga hingga pelayanan kepada pembeli.

“Tidak boleh lagi ada pedagang yang mencantumkan harga secara terpisah-pisah. Misal pecel lele ya harus komplit, jangan cuma lele tok, terus lalap sambel dan nasi dipisah. Tapi kalau nambah, ada harga sendiri,” pesannya.

Hasil penelusuran timnya, ada perbedaan harga menu. Khusus untuk lesehan kawasan Malioboro, menu standar berkisar antara Rp 15 hingga Rp 18 ribu. Sementara untuk diluar kawasan Malioboro mencapai Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu.

“Ini memberikan informasi yang jelas supaya tidak ada lagi yang terjebak seolah-olah ada membeli pecel lele komplit ternyata hanya bagian. Seolah-olah membeli komplit ternyata bagian saja, jangan seperti itu,” ujarnya.(dwi/sky)

Jogja Raya