RADAR JOGJA – Beredarnya foto di media sosial yang ditengarai foto benda langit yang sedang jatuh di sekitar Gunung Merapi.

Kepala BPPTKG Jogjakarta Hanik Humaida menuturkan berdasarkan pemantauan CCTV tak ada benda langit yang jatuh di sekitar lereng Gunung Merapi. Hanya saja sempat tertangkap kilatan cahaya pada 27 Mei 2021 tepatnya pukul 23.08 WIB.

Kilatan cahaya tersebut tertangkap CCTV di Deles, Klaten Jawa Tengah. Kamera ini berada di sisi timur Gunung Merapi. Dalam rekaman terlihat secercah cahaya sempat melintas dalam waktu sepersekian detik.

“Kami merekam kilatan cahaya, tetapi tidak menyatakan itu benda asteroid, karena kami tidak mempunyai tugas dan fungsi untuk hal tersebut,” jelasnya dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (28/5).

Berdasarkan alat pemantau milik BPPTKG, tak ada sinyal yang signifikan saat cahaya melintas. Termasuk aktivitas kegempaan, suara dari seluruh pos pengamatan gunung Merapi (PGM). Fenomena tersebut juga tak berpengaruh terhadap aktivitas kegunungapian secara keseluruhan.

BPPTKG, lanjutnya, tak memiliki kewenangan tentang benda langit. Peran utama adalah melakukan mitigasi, khususnya Gunung Merapi. Sehingga tidak bisa memastikan cahaya yang melintas di kawasan puncak Gunung Merapi.

“Berdasar data pemantauan, pada saat kejadian tidak ada sinyal kegempaan dan suara sehingga kami menyimpulkan tidak ada benda yang jatuh di sekitar Merapi. Sampai saat ini,  kejadian tersebut tidak berpengaruh pada aktivitas Merapi,” katanya. (dwi/sky)

Jogja Raya