RADAR JOGJA РRumput alun-alun Utara Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sisi barat  terbakar akibat ulah orang iseng. Berawal dari orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang membakar tumpukan sampah. Tak berselang lama, kobaran api meluas hingga ke area rumput kering.

Kepala Seksi Operasional dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja Mahargyo  Mahargyo membenarkan fakta tersebut. Terbakarnya rumput kering alun-alun Utara terjadi Selasa siang (25/5). Luas area yang terbakar mencapai 8 meter X 8 meter.

“Kejadiannya jam 13.15 siang tadi. Info dari security Keraton dan petugas Koramil Gondomanan yang membakar orang gila,” jelasnya dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (25/5).

Pasca laporan, timnya langsung bergerak cepat menuju lokasi kebakaran. Untungnya api cepat dipadamkan sebelum meluas. Selain di titik kebakaran, jajarannya juga melalukan penyemprotan di sekitar lokasi kebakaran.

Mahargyo memastikan tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Ini karena lokasi rumput kering berada di area dalam alun-alun Utara. Sementara sekelilingnya telah ditutup pagar besi.

“Tidak ada korban jiwa karena rumputnya didalam pagar alun-alun Utara. Tadi tindakan termasuk pendinginan memakan waktu sekitar 15 menit. Dua unit kendaraan 6ang turun, langsung padam dan tidak menyebar,” katanya.

Dalam kesempatan ini Mahargyo mengingatkan bahaya api. Terutama saat musim kering atau kemarau. Percikan api kecil dapat merembet dengan cepat. Terutama rumput kering dan kayu.

“Jangan main api sembarangan, jangan buang putung rokok sembarangan. Lalu kalau meninggalkan rumah, pastikan kompor atau gas dalam kondisi mati,” pesannya. (dwi/sky)

Jogja Raya