RADAR JOGJA – Dinas Kesehatan (Dinkes) DIJ memiliki cara unik saat vaksinasi lanjut usia (lansia). Berupa hadirnya organ tunggal dengan tembang-tembang lawas. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama menjalani proses suntik vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kabid Pengendalian dan Penularan Penyakit (P2P) Dinkes DIJ Berty Murtiningsih menuturkan, strategi ini sengaja diusung. Tentunya belajar dari penyelenggaraan vaksin sebelumnya. Tidak sedikit lansia yang gagal karena tensi darah tinggi.

“Ada organ tunggal agar para lansia lebih santai. Biar salam menunggu tidak bosan maka ada nyanyi. Itu menghibur juga,” jelasnya ditemui di Kantor Dinkes DIJ, Rabu (21/4).

Para pemain organ tunggal sendiri adalah karyawan Dinkes DIJ. Sementara untuk penyanyi sukarela. Berty mempersilakan para lansia menyumbangkan suaranya.

Lagu-lagu yang dipilih juga tembang lawasan. Sesuai dengan era para lansia yang hadir vaksinasi. Agar bisa bernostalgia dan bernyanyi bersama.

“Jadi kita tahu lansia diutamakan dan dihormati. Jadi agar nyaman dan pikirannya tidak berlebihan saat akan vaksin,” katanya. (dwi/sky)

Jogja Raya