RADAR JOGJA-  Guna memastikan pelayanan publik berjalan lancar di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot)  Jogja pada hari pertama Puasa di bulan Ramadan 1442 hijriyah, Forum Pemantau Independen  (Forpi) Kota  Jogja melakukan pemantauan disejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) di lingkungan Balaikota dan sejumlah kantor Kelurahan di Kota Jogja  Selasa (13/4).

Anggota Forpi Kota  Jogja, Baharuddin Kamba menuturkan, dari pemantauan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota  Jogja  nampak antrian cukup panjang ruang informasi. Tepatnya didepan ruang pintu pelayanan.

“Sayangnya, tidak ada petugas yang mengatur jaga jarak warga yang antri. Sehingga penerapan protokol kesehatan  (prokes) khususnya jaga jarak tidak dilakukan secara maksimal, ” katanya.

Laila salah satu warga Kota  Jogja yang mengurus akta kematian orangtuanya berharap,” Loket informasi dan petugas perlu ditambah agar tidak terjadi antrian yang panjang,”jelasnya.

Sementara itu pemantauan di kantor Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Jogja  lanjut Kamba, di loket pajak nampak cukup ramai warga yang mengantri. “Di Kantor DPMP Kota Jogja  ini ada petugas pengecekan suhu tubuh,” katanya.

Secara umum pelayanan publik pada hari pertama Puasa Ramadhandi lingkungan Pemerintah Kota berjalan lancar.

“Forpi Kota Jogja  berharap selama bulan puasa kinerja para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Jogja tetap berjalan seperti biasanya dan sosialisasi terkait jam pelayanan selama bulan puasa terus dilakukan secara masif. Karena belum semua masyarakat mengetahui jam pelayanan selama bulan puasa,” ujarnya.

Selain itu dia juga menegaskan, sarana prokes termasuk petugas di kantor Disdukcapil Pemerintah Kota Jogja  perlu menjadi catatan sekaligus evaluasi ke depannya agar lebih baik.

“Forpi Kota Jogja berharap tidak ada alasan bagi ASN untuk bermalas-malasan dalam melayani masyarakat dengan alasan bulan puasa,” harapnya.  (sky)

Jogja Raya