RADAR JOGJA – Target tinggi dibidik Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Jogja di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIJ 2022 mendatang. Ya, mereka mengincar gelar juara umum dalam ajang multi event dua tahunan itu. Hal tersebut diungkapkan dalam Rapat Kerja Kota (Rakerkot) KONI Kota yang digelar di Ruang Bima, Balikota Jogja, kemarin (11/4).
Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Jogja Aji Karnanto berharap semua organisasi cabang olahraga (cabor) anggota KONI Kota Jogja bersinergi mendukung tercapainya cita-cita tersebut. Sebab, untuk merealisasikan target yang diusung diperlukan kerja keras. Juga keseriusan dari seluruh pihak yang terlibat. “Kalau organisasinya di cabor baik, harapan kami tentu prestasinya juga ikut baik. Semoga prestasi KONI Kota kedepan bisa lebih baik lagi,” ujarnya.
Persiapan mulai digeber. Meski Porda dihelat tahun depan, KONI Kota Jogja tetap gerak cepat untuk mempersiapkan diri. Salah satunya melalui program Pemusatan Latihan Kota (Puslatkot) yang dimulai pada Juli nanti. “Kami siap mendukung para atlet karena kami juga bertekad menjadi juara umum di Porda mendatang,” kata Aji.
Ketum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto yang hadir dalam Rakerkot mengatakan, target juara umum di Porda DIJ memang semestinya dicanangkan oleh semua daerah di DIJ. Tujuannya untuk memacu semangat atlet meraih prestasi puncak. “Prestasi terbaik harus menjadi target utama. Target juara umum di Porda ini sebagai ujung dari pembinaan atau cita-cita prestasi mereka,” bebernya.
Tak hanya di level daerah, Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNY itu juga berharap atlet DIJ dapat berprestasi di level nasional untuk mewakili Indonesia di berbagai ajang besar. Seperti SEA Games, Asian Games, atau bahkan Olimpiade.
Sementara itu, Kadisdikpora Kota Jogja Budi Santosa Asrosi mewakili Wali Kota Jogja menyatakan kesiapan Pemerintah Kota Jogja dalam mendukung prestasi olahraga di Kota Jogja. Pihaknya juga berpesan kepada peserta Rakerkot untuk bersama-sama dengan KONI Kota Jogja merencanakan program tahunan.
“Apa yang akan dilaksanakan KONI Kota Jogja dan nantinya didelegasikan ke Pengkot cabor masing-masing harus dibahas bersama. Termasuk kesulitan yang dihadapi cabor harus disampaikan agar menjadi catatan KONI Jogja guna disinergikan dengan Pemkot Jogja,” paparnya. (ard/pra)
Jogja Raya