RADAR JOGJA – Sudah sepekan skuad PSIM Jogja digembleng latihan di Stadion Mandala Krida dan Lapangan Kenari, Kota Jogja. Progres latihan yang ditunjukkan Yoga Pratama cs juga semakin baik. Dibanding awal latihan lalu, stamina mereka lebih bagus.
Usai diberikan berbagai menu latihan fisik, kemarin tim pelatih mencoba menambah materi internal game. Pelatih PSIM Seto Nurdiyantara mengatakan, secara keseluruhan semua berjalan oke. Para pemain sangat antusias selama mengikuti program latihan.
“Sudah kami coba satu lawan satu-nya. Lebih ke finishing, walaupun secara tim belum siap, tapi it’s oke ini pengenalan karena kompetisi juga masih lama,” ujar Seto Jumat (9/4).
Yang pasti, pelatih berlisensi AFC Pro itu berharap dengan program latihan yang diberikan kondisi fisik skuad PSIM menjadi semakin baik lagi. Strength dan finishing diharapkan sama bagusnya.
Disinggung perihal uji coba, Seto mengaku rencana tersebut memang sudah dalam pembahasan tim pelatih. Jika sesuai rencana, dia ingin uji coba dilakukan saat bulan Ramadan. “Kami coba melawan tim-tim perkumpulan. Tapi saya belum bisa pastikan, karena ini baru rencana saja,” katanya.
Sementara itu, Pelatih Fisik PSIM Asep Ardiansyah menambahkan, persentase kondisi pemain ada di angka rata-rata 60 hingga 80 persen. Artinya progres latihan selama seminggu ini berjalan sangat baik. “Sejauh ini kalau dari observasi saya, kondisi kebugaran pemain makin oke lah, persentase angkanya cukup bagus. Di minggu ini kami memang fokus pembentukan kembali daya tahannya,” tambah Asep.
Di bulan Ramadan nanti, para pemain akan diberikan porsi latihan ringan untuk maintenance saja. Di sisi lain, Asep juga mengabarkan kondisi cedera engkel yang dialami Sunni Hizbullah berangsur membaik. Kemungkinan pemain 26 tahun itu akan kembali berlatih pada Senin (12/4).
“Sunni cedera gara-gara latihan dua hari lalu. Untuk hari ini (kemarin, Red) dan besok (hari ini, Red) dia latihan mandiri dengan fisioterpis. Jadi yang absen latihan, selain Sunni ada Aditya Dewa karena izin orang tuanya meninggal,” jelas Asep. (ard/laz)

Jogja Raya