RADAR JOGJA- Satlantas Polresta Jogjakarta  meresmikan Kampung Kumendaman RW 06, Kelurahan Suryodiningratan, Kecamatan Mantrijeron, Kota Jogja, sebagai kampung tertib lalu lintas.

Peresmian itu dilakukan oleh Kasatlantas Polresta Jogjakarta, Kompol Chandra Lulus Widiantoro, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja Agus Arif Nugroho, Selasa (23/3).

Kasatlantas Polresta Jogjakarta, Kompol Chandra Lulus Widiantoro mengatakan, pengukuhan Kampung Tertib Lalu Lintas ini sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian masyarakat di kampung tersebut.

Kampung Tertib Lalu Lintas sendiri dimaksudkan untuk merangsang dan menumbuh kembangkan kesadaran dalam berlalu lintas dari skala kecil sampai skala besar terutama saat melintas di jalan umum lainnya.

“Mudah-mudahan setelah adanya pengukuhan ini, ke depan akan kami lombakan dari tingkat daerah hingga ke tingkat nasional,” jelasnya .

Chandra menambahkan, keunikan dari kampung tertib lalu lintas sendiri yaitu dari kesadaran masyarakat melalui perangkat desa yang telah menyediakan beberapa fasilitas, salah satunya pengeras suara di tempat ibadah yang juga didesain untuk mengingatkan agar selalu tertib berlalu lintas.

Kemudian, di kampung tersebut juga terpasang slogan-slogan maupun banner-banner yang terpasang ditiap sudut kampung tentang peringatan keselamatan berlalu lintas.

Harapannya, masyarakat yang tinggal kampung tersebut baik yang datang maupun pergi mereka selalu melihat dan mematuhi imbauan tersebut.

“Harapan kami, dengan pengukuhan kampung tertib lalu lintas di Kumendaman ini, bisa merangsang dan menularkan tata tertib berlalu lintas untuk seluruh masyarakat di seluruh lapisan. Selain itu, dapat mengurangi fatalitas angka kecelakaan,” harapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja  Agus Arif Nugroho menuturkan, kampung Kumendaman menjadi kampung tertib lalu lintas karena adanya kesepakatan masyarakat untuk menaati aturan ketentuan lalu lintas, terutamanya dalam membangun kesadaran untuk tertib berlalu lintas.

“Dengan adanya kesadaran tersebut, mudah-mudahan keselamatan berkendara meningkat,” ujarnya.(sky)

Jogja Raya